Ragam Perayaan Idul Fitri di Sejumlah Kota di Dunia - Kompas.com

Ragam Perayaan Idul Fitri di Sejumlah Kota di Dunia

Erwin Hutapea
Kompas.com - 26/06/2017, 12:23 WIB
Bintang Randa Warga negara Indonesia menunaikan shalat Id di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara, Turki, Minggu (25/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah, umat Islam di seluruh dunia merayakannya dengan melakukan ibadah shalat Id dan beragam acara unik lainnya.

Warga Negara Indonesia di kota Ankara, Turki menunaikan shalat Id di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara, Turki, Minggu (25/6/2017). Usai shalat, umat Islam yang hadir bersilaturahim dan makan bersama.

“Di sini hanya untuk WNI, tetapi ada juga dubes dari negara Sri Lanka, Austria, dan Thailand. Setelah itu acara makan bersama dan halalbihalal,” ucap Bintang Randa, mahasiswa S-1 yang sedang kuliah di Ankara University, ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (25/6/2017) malam WIB.

Dokumentasi KBRI Ankara Suasana halalbihalal dalam merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah di KBRI Ankara, Turki, Minggu (25/6/2017).

Dia mengatakan, Ini merupakan kali ketiga shalat Id diadakan di Wisma Duta.

Adapun acara halalbihalal, ucap mahasiswa yang juga anggota PPI Ankara itu, dihadiri sekitar 250 orang WNI dan warga negara lain, Dubes RI di Turki Wardana, serta semua pejabat dan pegawai di KBRI Ankara.

Lain halnya di Sydney, Australia. Menurut informasi dari Didik Prasetyo, seorang pekerja asal Purbalingga yang tinggal di sana, shalat Id di Sydney dilaksanakan pada pukul 08.00 pagi waktu setempat.

“Lokasinya di Lakemba Mosque. Imam dan khatibnya dari Lebanese Muslim Association. Di sini jemaahnya ribuan. Karena warga Muslim terbesar di New South Wales ada di Lakemba, jadi warga negara lain juga kumpul di sini,” tutur Didik kepada Kompas.com, Minggu (25/6/2017).

Mengenai halalbihalal, menurut dia, belum ada pemberitahuan soal acara itu dari Konsulat Jenderal RI di Sydney.

Didik Prasetyo Suasana setelah shalat Id di Lakemba Mosque, Sydney, Australia, Minggu (25/6/2017) pagi waktu setempat.

Sementara itu, di Jepang, sesuai kabar yang diberikan oleh Sadya Azzahra, seorang mahasiswi yang kuliah di kota Beppu, pelaksanaan shalat Id dimulai pukul 07.15 di Beppu Mosque.

“Di sini enggak ada halalbihalal. Biasanya dikasih makanan, tapi tahun ini enggak ada. Cuma salam-salaman dengan WNI setelah shalat,” ujar Sadya saat mengabarkan kepada Kompas.com melalui telepon, Minggu (25/6/2017) malam WIB.

“Ruangannya kecil, shalatnya juga cuma sebentar. Jadi kurang terasa Lebarannya,” tambahnya.

Menurut dia, karena Beppu merupakan kota kecil, jadi tidak ada perwakilan Pemerintah RI yang ada di Jepang, baik dari KBRI maupun konjen.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisErwin Hutapea
EditorKurniasih Budi
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM