Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2017, 10:53 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

BIRMINGHAM, KOMPAS.com – Perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah dilaksanakan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Salah satunya oleh warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Birmingham, Inggris.

Mereka melakukan shalat Id di lapangan kampus University of Birmingham pada Minggu (25/6/2017) pukul 09.00 waktu setempat.

Menurut keterangan dari Janu Muhammad, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia dan Masyarakat Indonesia-Birmingham (PPI-MIB), rangkaian acara dimulai dengan shalat Id, lalu dilanjutkan halalbihalal sampai pukul 13.00.

"Ada foto bersama masyarakat Indonesia dulu, lalu kami arahkan warga ke Ruang Chaplaincy untuk halalbihalal dan makan bersama. Setelah itu, ada penampilan anak-anak TPA," ujar Janu saat dihubungi Kompas.com, Minggu pagi.

Pande Adhi Prathama Suasana halalbihalal warga negara Indonesia dalam rangkaian perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah di kampus University of Birmingham, Inggris, Minggu (25/6/2017).

Menurut dia, komunitas masyarakat Indonesia di Birmingham berjumlah sekitar 250 orang.

"Yang berbeda dari tahun lalu yaitu imam shalat kali ini bukan dari Indonesia, melainkan kami hadirkan sebagai hasil kerja sama dengan komunitas Islam di University of Birmingham," kata Janu.

"Shalat ini terbuka untuk umum. Jadi komunitas WNI berbaur dengan sesama Muslim dari negara lain," ucap mahasiswa S-2 jurusan Research in Human Geography, University of Birmingham, sekaligus pengurus Pengajian Birmingham ini.

Adapun yang bertindak sebagai penyelenggara acara yaitu Pengajian Birmingham bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia dan Masyarakat Indonesia-Birmingham (PPI-MIB), Indonesian Society of University of Birmingham, dan University of Birmingham Islamic Society.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com