Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Ingin Bangun "Tembok Surya" di Perbatasan Meksiko

Kompas.com - 23/06/2017, 07:16 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengemukakan ide baru kepada para pendukungnya untuk membangun tembok yang diselimuti panel suriah di perbatasan dengan Meksiko.

Tujuan Trump adalah agar energi terbarukan itu bermanfaat untuk menutupi biaya pembangunan tembok tersebut dan kebutuhan lainnya di kawasan.

Baca: Donald Trump Bangun Tembok Perbatasan AS-Meksiko

"Ya, kita akan membangun tembok. Kita harus menghentikan aliran masuk narkoba," katanya kepada kerumunan orang di Cedar Rapids, Iowa, seperti dirilis kantor berita Perancis, AFP, pada Kamis (22/6/2017).

Ia menimpali, "Saya akan menyampaikan ide yang belum pernah didengar siapa pun.

Perbatasan selatan. Banyak matahari, banyak panas. Kami berpikir untuk membangun tembok sebagai tembok surya. Jadi, itu bisa menghasilkan energi, dan menutupi biaya pembangunannya."

Baca: Trump Teken Perintah Pembangunan Tembok di Perbatasan Meksiko

"Dan, dengan begini, Meksiko tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Dan, itu bagus, bukan?" kata Trump, yang janji awalnya membuat Meksiko membayar tembok tersebut mendapatkan perlawanan keras dari negara tetangganya itu.

"Anggap saja, semakin tinggi, semakin berharga temboknya," demikian Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com