Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi dan Sekutunya Siap Ajukan Tuntutan ke Qatar

Kompas.com - 22/06/2017, 13:24 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Arab Saudi dan sekutunya di kawasan Teluk telah menyusun daftar tuntutan yang akan disampaikan ke Qatar.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson, di tengah krisis diplomatik di kawasan Teluk, seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP, Rabu (21/6/2017).

"Kami berharap daftar tuntutan itu akan segera disampaikan ke Qatar, masuk akal, dan dapat ditindaklanjuti," kata Tillerson, dua pekan setelah Riyadh memberlakukan embargo terhadap Qatar.

Juru bicara Tillerson pada Selasa (20/6/2017) mengatakan, Washington "bingung" bahwa Arab Saudi belum menyusun daftar tuntutan yang jelas setelah menuding Qatar mendukung terorisme.

Baca: Simaklah, 10 Pemicu Krisis Diplomatik di Qatar

Diplomat senior Washington itu melakukan pembicaraan via telepon secara intens dalam beberapa hari terakhir guna memecahkan kebuntuan yang membuat sekutu-sekutu AS saling berselisih.

Presiden AS Donald Trump mengisyaratkan simpati terhadap sikap Riyadh dan  menuduh negara kaya gas Qatar memberikan dukungan "tingkat tinggi" kepada ekstremis.

Namun, pangkalan udara terbesar AS di Timur Tengah berada di Qatar, dan para diplomat AS ingin meredakan krisis dan menyatukan kawasan itu dalam pertempuran melawan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

"Kami paham daftar tuntutan disiapkan dan dikoordinasikan oleh Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain," kata Tillerson dalam sebuah pernyataan.

Ia mengatakan siap mengambil peran mediasi jika kontak regional gagal, namun untuk saat ini dia mendukung upaya Kuwait mempertemukan kedua belah pihak.

Baca: Krisis Diplomatik di Qatar, Indonesia Harap Ada Rekonsiliasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com