Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Moro Serang Desa dan Sempat Kuasai Sebuah Sekolah

Kompas.com - 21/06/2017, 11:38 WIB

KIDAPAWAN, KOMPAS.com – Kelompok pemberontak Islamis di Filipina selatan menyatroni sebuah desa di Cotabato Utara dan sempat menguasai sebuah gedung sekolah, Rabu (21/6/2017) pagi.

Namun, kelompok pemberontak yang juga telah berafiliasi dengan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) itu, dapat dikendalikan militer.

Inspektur Polisi Rease Mamon mengatakan kepada Associated Press bahwa orang-orang bersenjata dari milisi Pejuang Kebebasan Islam Bangsamoro (BIFF), pecahan dari Front Pembebasan Islam Moro (MILF), menyerbu desa Malagakit di Provinsi Cotabato Utara, Rabu dini hari.

Mereka akhirnya terlibat bagu tembak dengan pasukan pemerintah Filipina. Akibatnya, warga desa setempat melarikan diri ke tempat yang lebih aman.

Baca: Operasi Militer Filipina Tewaskan 17 Militan Bangsamoro

"Saya mendapat laporan bahwa penyerang menduduki sebuah sekolah dasar, tapi saya tidak yakin ada warga terjebak dalam pertempuran atau disandera," kata Mamon, yang menjabat sebagai Kepala Polisi Kota Pigkawayan, tempat di mana Malagakit berada.

Sekolah Malagakit sedang ditutup pada saat kelompok pemberontak melakukan serangan tersebut.

Juru bicara militer Brigadir Jendera Restituto Padilla mengatakan bahwa orang-orang bersenjata itu menyerang sebuah pos terdepan Angkatan Darat.

Mereka juga menyerang sebuah markas patroli milisi pro-pemerintah, yang membalas serangan itu dan kemudian mendapat bantuan personil dari tentara.

“Penyerang tampaknya menarik diri,” kata Padilla.

Baca: Filipina Segera Akhiri Operasi Militer terhadap Pemberontak Moro

Padilla juga mengatakan, kemungkinan serangan tersebut untuk memecah perhatian militer yang sedang memerangi kelompok militan lain yang berafiliasi dengan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di kota Marawi.

Beberapa komandan BIFF juga telah berjanji setia kepada kelompok ISIS seperti milisi Maute yang asedang berperang melawan pasukan pemerintah di Marawi, di Provinsi Lanao del Sur, Mindanao.

"Jika ini adalah tindakan pengalih perhatian, ini bukanlah tindakan yang pertama dari kelompok bersenjata BIFF ini," kata Padilla.

"Mereka telah mencoba menyerang lebih dari satu kali dan semuanya telah digagalkan," demikian dilaporkan harian The Philippine Star, Rabu ini.

Baca: MILF dan Pemerintah Filipina Berdamai

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com