Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Arab Saudi Klaim Tangkap 3 Anggota Garda Revolusi Iran

Kompas.com - 20/06/2017, 13:46 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - AL Arab Saudi mengatakan, mereka menahan dan menginterogasi tiga pria yang diyakini sebagai anggota pasukan Garda Revolusi Iran.

Ketiga orang itu ditangkap setelah kapal mereka mencoba memasuki perairan Arab Saudi, Jumat pekan lalu.

Sumber resmi AL Arab Saudi menyebut pada 16 Juni 2017 pukul 20.28 waktu setempat, tiga kapal kecil berbendera merah dan putih memasuki perairan Teluk Arab.

AL Arab Saudi yang melakukan pengejaran berhasil menangkap satu perahu sementara dua lainnya berhasil meloloskan diri.

Baca: Garda Revolusi Tuding AS dan Arab Saudi Dalangi Serangan di Teheran

"Mereka melaju dengan kecepatan tinggi menuju ladang minyak Marjan milik Saudi. AL Saudi langsung melepaskan tembakan peringatan tetapi ketiga kapal itu tak merespon," demikian pernyataan AL Arab Saudi seperti dikutip kantor berita SPA.

"Karena tidak merespon kami melakukan pengejaran. Salah satu kapal yang tertangkap berisi penuh senjata untuk tujuan subversif, sementara dua lainnya lolos," lanjut AL Saudi.

Sebuah pernyataan yang dirilis Kementerian Informasi dan Budaya Arab Saudi mengatakan, ketiga kapal tersebut diyakini akan melakukan serangan teror untuk mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material.

"Kerajaan Arab Saudi menekankan tekad untuk memerangi dan memusnahkan terorisme dan sumber-sumbernya, sebagai bagian dari tujuan negara melindungi keamanan terhadap serangan dari luar," demikian Kementerian Informasi Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com