Rusia Klaim Tewaskan Dua Komandan Lapangan ISIS - Kompas.com

Rusia Klaim Tewaskan Dua Komandan Lapangan ISIS

Kompas.com - 18/06/2017, 12:26 WIB
AFP Pasukan Suriah yang didukung Rusia terus mendesak posisi ISIS di kota Deiz Ezzor.

DAMASKUS, KOMPAS.com - Militer Rusia mengklaim mereka menewaskan dua lagi komandan lapangan ISIS yaitu Abu Omar al-Beljiki dan Abu Yassin al-Masri.

Menurut Rusia, kedua pemimpin ISIS itu tewas dalam serangan udara yang digelar Rusia di kota Deir ez-Zor di wilayah timur Suriah.

Pernyataan kementerian pertahanan Rusia itu muncul sehari setelah Rusia mengklaim telah menewaskan pimpinan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dalam serangan udara bulan lalu.

Baca: Rusia Konfirmasi Abu Bakar al-Baghdadi Dipastikan Tewas

Namun, pemerintah AS yang juga memimpin serangan udara melawan ISIS mengatakan, tak bisa mendukung pernyataan Rusia terkait kematian Baghdadi dan pemerintah Irak juga skeptis soal kabar tersebut.

Terkait serangan udara terbaru di Deir ez-Zor itu, Rusia mengklaim selain menewaskan Al-Beljiki dan Al-Masri, sebanyak 180 orang anggota ISIS juga tewas.

Sementara itu, Hisham al-Hashimi, seorang pakar yang membantu beberapa negara Timur Tengah dalam upaya melawan ISIS, mengatakan, dia skeptis dengan pernyataan Rusia itu.

Al-Hashimi mengatakan, Abu Yassin al-Masri adalah sosok yang sama dengan Abu al-Haj al-Masri yang juga dikabarkan dibunuh Rusia pada Mei lalu di dekat kota Raqqa.

Al-Hashimi menambahkan, Al-Beljiki bahkan diduga tak berada di Suriah saat seranga Rusia terjadi pada 6 dan 8 Juni lalu.

"Rusia ingin catatan perangnya melawan ISIS membaik apalagi Amerika belakangan sukses menewaksan petinggi ISIS seperi Abu Omar al-Shishani, Abu Muslim al-Turkmani, Abu Mohammed al-Adnani, dan Abu Ali al-Anbari," ujar Al-Hashimi.

"Jika klaim Rusia ini kemudian salah, maka kredibilitas mereka akan hancur," tambah dia.

ISIS terancam kehilangan dua ibu kota kembarnya Mosul dan Raqqa, setelah mereka kuasai hampir selama tiga tahun.

Di Irak, pasukan negeri itu hampir menguasai seluruh wilayah kota Mosul dan ISIS kini terpojok di beberapa permukiman saja.

Baca: Rusia Klaim Bunuh Gembong Teroris ISIS Abu Bakr al-Baghdadi

Sedangkan di Suriah, pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS terus merangsek maju ke kota Raqqa.

Menghadapi kekalahan di sebagian besar wilayah Irak, ISIS kini tinggal memiliki Deir ez-Zor yang kini digempur kelompok-kelompok yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad.

EditorErvan Hardoko
Komentar