Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Kristiarto: Indonesia Ingin Perkuat Hubungan dengan Australia

Kompas.com - 17/06/2017, 17:13 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com -  Duta Besar Republik Indonesia yang baru untuk Australia merangkap Vanuatu, Y Kristiarto S Legowo, bertekad untuk semakin mendekatkan dan memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Australia.

Hubungan yang baik dan strategis dengan salah satu negara tetangga terdekat ini merupakan salah satu pilar politik luar negeri Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan oleh Dubes Kristiarto ketika melakukan perkenalan dengan masyarakat Indonesia yang berada di ibu kota Australia.

Pertemuan dilakukan di Balai Kartini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra pada Jumat (16/6/2017), sebagaimana dilaporkan oleh KBRI Canberra, Sabtu (17/6/2017).

Tak kurang dari 300 WNI dari berbagai latar belakang, mulai dari tokoh masyarakat dan agama, dosen, peneliti, guru, pengusaha, dokter, siswa TNI, mahasiswa, pelajar hingga diplomat Indonesia beserta keluarga memenuhi Balai Kartini.

Baca: 23 Calon Dubes yang Diajukan Jokowi Dinilai Berkualitas

Bahkan beberapa diantaranya, tinggal di Sydney yang berjarak sekitar 300 km dari Canberra.

Sejumlah warga Australia yang memiliki kedekatan dengan Indonesia, seperti Les Boag dan Bill Rhemrev (Ketua dan Sekretaris Australia-Indonesia Association wilayah Canberra), John McCharty dosen Australian National University (ANU), Adrian Clynes beserta anggota Balai Bahasa Indonesia (BBI) yang menjadi guru Bahasa Indonesia di Canberra, juga hadir untuk menyambut Kistiarto.

Banyaknya masyarakat yang hadir, baik dari Indonesia maupun "Australian friends of Indonesia" dari beragam kalangan, merupakan cerminan dari antusiasme mereka dalam menyambut Dubes RI untuk Australia yang baru.

Dubes Kristiarto adalah seorang diplomat karir dan senior, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Dubes RI di Filipina, dan Sekretaris Jenderal Kemlu RI.

Dia mengatakan bahwa memberikan pelayanan secara optimal kepada WNI di Australia dan menjaga kepentingan maupun kedaulatan NKRI menjadi beberapa pilar politik luar negeri RI yang akan terus dijaga dan diperjuangkannya selama menjabat sebagai Dubes.

Baca: Senin Siang Ini, Jokowi Lantik 17 Duta Besar Baru RI

Dubes Kristiarto yang didampingi istrinya, Caecilia S Legowo dan dua anaknya, juga bangga dengan soliditas masyarakat Indonesia di Australia, termasuk yang di Canberra, dalam memelihara kekerabatan dan silaturahmi selama ini.

Hal ini merupakan wujud nyata dari semangat persatuan dan kesatuan WNI di benua Kangguru.

"Mari kita terus merajut rasa persatuan antar masyarakat Indonesia karena menjadi sangat penting sebagai perwujudan dari pengamalan Pancasila. Saya bangga WNI di Australia selama ini terbukti telah menjadi contoh dari persatuan dan kesatuan yang baik dan kuat", ajak Dubes RI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com