Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leo Varadkar, Perdana Menteri Gay Pertama di Irlandia

Kompas.com - 15/06/2017, 06:48 WIB

DUBLIN, KOMPAS.com - Leo Varadkar (38), Rabu (14/6/2017), resmi menjadi orang termuda dan gay pertama yang terpilih menjadi perdana menteri Irlandia.

Ayah Varadkar, yang adalah imigran India dan ibunya yang asli Irlandia, hadir di gedung parlemen saat putra mereka dilantik menjadi perdana menteri.

Varadkar, yang memenangkan kepemimpinan partai berkuasa Fine Gael awal bulan ini, mendapat dukungan parlemen dengan 57 suara, 50 menolak, dan 47 abstain.

Baca: PM Luksemburg Nikahi Pasangan Homoseksualnya

Dalam pidato resmi pertamanya, Varadkar menekankan gaya politik di masa lalu sudah tak cocok lagi diterapkan di masa sekarang ini.

"Pemerintahan yang saya pimpin bukan pemerintahan kiri atau kanan karena pemisahan tersebut sudah tak bisa digunakan untuk menghadapi tantangan di masa kini," ujar Varadkar.

Varadkar mengambil alih pemerintahan dari tangan Enda Kenny yang menyebut penerusnya itu merupakan bukti berubahnya Irlandia.

"Sebagai perdana menteri termuda, dia mewakili Irlandia yang modern, beragam, dan inklusif," ujar Kenny.

Kenny menambahkan, Varadkar akan langsung menghadai tantangan Brexit, sebuah isu yang sangat diperhatikan karena Irlandia adalah satu-satunya negara Uni Eropa yang memiliki perbatasan darat dengan Inggris.

Dalam pidatonya, Varadkar belum menjelaskan strateginya menghadapi Brexit, tetapi sebelumnya dia sempat memperingatkan agar Irlandia tak mengambil kebijakan yang terlalu keras dalam negosiasi dengan Inggris pekan depan.

Baca: Vincent Wijeysingha, Politisi Gay Pertama Singapura

"Partai kami selalu berpandangan bahwa kami tak ingin Inggris dihukum karena memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa," ujar Varadkar awal bulan ini.

Meski dianggap realtif liberal dalam masalah-masalah sosial seperti hak-hak gay atau aborsi, Varadkar dianggap memiliki kebijakan ekonomi yang cenderung ke kanan.

Selain itu, abstainnya politisi partai oposisi terbesar Fianna Fail dalam pemungutan suara di parlemen memang memberikan Varadkar kemenangan tetapi dengan pemerintahan minoritas yang rapuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com