Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Gedung 27 Lantai di London, Ada Sejumlah Korban Tewas

Kompas.com - 14/06/2017, 14:49 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kebakaran dahsyat yang terjadi pada sebuah gedung apartemen berlantai 27 di sisi barat London, Rabu (14/6/2017) dini hari waktu setempat, disebut memakan korban jiwa.

Kabar tentang adanya sejumlah orang yang tewas dalam kebakaran ini, diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota London, Dany Cotton

Updated: Sudah 6 Orang Tewas akibat Kebakaran Grenfell Tower di London

"Ada sejumlah korban jiwa, saya tidak bisa memastikan jumlahnya saat ini, karena ukuran dan kompleksitas bangunan," kata Cotton seperti dikutip AFP, di lokasi kejadian.

Baca: Gedung Apartemen 27 Lantai di London Dilalap Api

Sebelumnya diberitakan, proses pemadaman api dilakukan dengan setidaknya 40 mobil damkar, dan 200 petugasnya.

Menara bernama Grenfell itu terdiri dari 120 apartemen. "Api berawal dari lantai dua dan bergerak hingga ke puncak gedung di lantai 27," demikian ungkap Dinas Damkar melalui akun Twitter, di awal kejadian.

Polisi mengatakan, evakuasi penghuni gedung yang dibangun pada 1974 itu masih berlangsung. Banyak korban yang dilarikan ke rumah sakit, karena terlalu banyak menghirup asap.

George Clarke, presenter film dokumenter "Amazing Places" mengatakan kepada Radio 5 tubuhnya tertutup debu meski dia berada sedikitnya 100 meter dari lokasi kebakaran.

Dia melihat banyak orang menyalakan senter dari lantai atas gedung apartemen itu, untuk memberi tanda kepada petugas yang hendak menyelamatkan penghuni gedung.

Sejumlah laporan mengatakan, masih terdapat penghuni gedung yang terperangkap dan mereka berteriak-teriak minta tolong dari jendela mereka.

"Orang dirawat akibat berbagai jenis luka. Dan kami terus mengevakuasi penghuni gedung apartemen itu," ujar pihak kepolisian.

Baca: Sedikitnya 30 Orang Terluka dalam Kebakaran Apartemen di London

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com