Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Filipina: Militan Maute Hanya Kuasai 20 Persen Kota Marawi

Kompas.com - 13/06/2017, 12:02 WIB

MARAWI CITY, KOMPAS.com - Seorang perwira tinggi militer Filipina, Selasa (13/6/2017), mengatakan, kelompok militan Maute hanya menguasai sekitar 20 persen wilayah kota Marawi.

Pernyataan ini dilontarkan Brigjen Restituto Padilla untuk membantah klaim ISIS yang menyebut kelompok Maute masih menguasai dua pertiga kota itu setelah tiga pekan pertempuran.

"Haruskah kita percaya mereka menguasai dua pertiga kota Marawi? Dengan 202 teroris yang tewas mengapa kita harus memercayai pernyataan mereka?" ujar Padilla.

Sementara itu, Panglima Militer Mindanao Barat Letjen Carlito Galvez menegaskan, kelompok militan hanya menguasai 20 persen kota Marawi.

Baca: Marinir Filipina Temukan Uang Rp 14 Miliar di Rumah Teroris Marawi

"Dari 96 permukiman, mereka menguasai Marinaut, Lulut, Mapandi, dan Distrik Komersial Bongolo, artinya hanya 20 persen dari wilayah Marawi dan kian hari kian menyusut," ujar Galvez.

Hampir semua dari 200.000 penduduk Marawi meninggalkan kota itu sejak kelompok militan menyerbu tiga pekan lalu.

Namun, militer meyakini selepas pos-pos penjagaan yang didirikan tentara di jalan-jalan utama Marawi masih terdapat 500-600 orang warga sipil yang terjebak atau dijadikan sandera.

Penyerbuan Marawi oleh militan yang berafiliasi dengan ISIS membuat sejumlah negara Asia Tenggara khawatir ISIS tengah membangun basis baru setelah mulai kehilangan pijakan di Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com