Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Iran Turun ke Jalan Serukan Kebencian terhadap Arab Saudi

Kompas.com - 09/06/2017, 20:14 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Ribuan orang turun ke jalanan kota Teheran, Iran, Jumat (9/6/2017), untuk menyatakan duka cita untuk para korban serangan teroris beberapa hari lalu.

Ribuan orang itu, seperti halnya para pemimpin Iran, menuduh Arab Saudi berada di belakang serangan yang menewaskan 17 orang itu.

Baca: Trump: Serangan Teheran adalah Buah dari Perbuatan Iran

Warga Teheran bersama meneriakkan slogan anti-Arab Saudi, Amerika, dan Israel saat mereka mengantar peti jenazah yang diselimuti bendera nasional Iran.

Dalam pidato tertulis yang dibacakan dalam pemakaman para korban, pemimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, serangan itu akan meningkatkan kebencian terhadap Arab Saudi dan Amerika Serikat.

"Serangan itu, tak akan mengendurkan upaya negeri ini memerangi terorisme dan sekaligus meningkatkan kebencian terhadap Amerika Serikat dan boneka-bonekanya seperti Arab Saudi," ujar Khamenei.

Sekelompok orang bersenjata dan pengebom bunuh diri menyerang gedung parlemen Iran dan makam Ayatollah Khomeini pada Rabu lalu dan menewaskan 17 orang.

Tak lama setelah insiden itu berlangsung, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku mendalangi serangan teror pertama di ibu kota Iran itu.

Baca: Garda Revolusi Tuding AS dan Arab Saudi Dalangi Serangan di Teheran

Dinas intelijen Iran menyebut lima orang penyerang adalah warga negeri itu yang direkrut ISIS untuk bertempur di Irak dan Suriah.

Sementara itu, pemerintah Iran mengatakan, sudah 41 orang tersangka ditahan dari seluruh penjuru negeri terkait serangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com