Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri di Sebuah Pasar di Irak, 20 Tewas

Kompas.com - 09/06/2017, 18:16 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Bom bunuh diri kembali mengguncang Irak kali ini di sebuah pasar di kota Musayyib, sebelah selatan Baghdad, Jumat (9/6/2017), menewaskan setidaknya 20 orang.

"Seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri di pasar Musayyib menewaskan 20 orang," ujar seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak.

Baca: Usai Sahur, 2 Teroris Boko Haram Ledakkan Bom Bunuh Diri, 9 Tewas

Selain itu, 34 orang lainnya terluka dalam insiden yang terjadi di kota yang berjarak 60 kilometer dari Baghdad itu.

Seorang sumber di rumah sakit Musayyib mengatakan, setidaknya empat korban luka ledakan yang terjadi pada sekitar pukul 11.30 itu dalam kondisi kritis.

Serangan di pasar Musayyib ini terjadi hanya beberapa jam dari serangan yang gagal di sebuah tempat suci umat Syiah di kota Karbala.

Empat orang warga sipil tewas saat pengebom bunuh diri beraksi di pintu masuk terminal bus utama kota yang terletak hanya beberapa kilometer sebelah tenggara Musayyib itu.

ISIS langsung mengklaim bertanggung jawab atas kedua serangan bom bunuh diri itu.

Sepanjang bulan Ramadhan ini, ISIS telah melakukan beberapa kali serangan bunuh diri di Irak, termasuk bom bunuh diri di sebuah warung es krim di Baghdad yang menewaskan lebih dari 40 orang.

Baca: ISIS Ledakkan Bom Bunuh Diri di Gerai Es Krim di Baghdad, 8 Tewas

Aksi bom bunuh diri di Baghdad dan kota-kota lain di Irak meningkat seiring upaya militer merebut benteng terakhir ISIS di kota Mosul.

Militer Irak sudah hampir delapan bulan menggelar operasi besar untuk merebut kembali kota terbesar kedua itu dari tangan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com