Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Kecam Serangan Bom yang Tewaskan 12 Orang di Iran

Kompas.com - 07/06/2017, 22:45 WIB

DOHA, KOMPAS.com – Kementerian Luar Negeri Qatar, negara yang dikucilkan oleh sejumlah negara Arab, mengecam serangan bom ganda yang menewaskan 12 orang di Iran, Rabu (7/6/2017).

Doha – yang kini berada di bawah tekanan beberapa negara Teluk yang menuding Qatar mendukung Iran dan terorisme – mengatakan akan melawan kekerasan dan menolak aksi-aksi kriminal.

“Negara Qatar telah mengutuk dan mengecam dua serangan yang terjadi di ibu kota Iran, Teheran, dan yang menewaskan dan melukai banyak orang," demikian pernyataan di situs pemerintah Qatar, seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP.

Baca: Setidaknya 12 Orang Tewas dalam Serangan di Kota Teheran

Qatar juga menyampaikan rasa duka citanya "kepada pemerintah dan rakyat Iran".

Dua belas orang tewas ketika orang-orang bersenjata dan pelaku bom bunuh diri menyerbu parlemen Iran dan tempat di mana pemimpin revolusi Iran, Sayyid Ayatollah Ruhollah Khomeini dimakamkan.

Serangan tersebut diklaim oleh kelompok ISIS, yang untuk pertama kalinya mereka menyatakan bertanggung jawab atas serangan di Iran.

Baca: Pengebom Bunuh Diri Serang Makam Ayatollah Khomeini di Teheran

Doha telah menolak dengan tegas tudingan dari, setidaknya, delapan negara Arab yang menyebut Qatar mendukung Iran dan teroris.

Delapan negara Arab, yakni Arab Saudi, Mesir, Bahrain, Uni Emirat Arab, Maladewa, Libya, Yaman, dan Mauritania memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Jordania juga mengurangi hubungan dengan Qatar, antara lain dengan menutup kantor perwakilan jaringan televisi Al Jazeera di Amman. 

Baca: 7 Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik, Ada Apa dengan Qatar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com