Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digaji Rp 8 Miliar oleh China, Mantan Pejabat Australia Disorot

Kompas.com - 07/06/2017, 13:47 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Seorang mantan Menteri Perdagangan Autralia, Andrew Robb, bergaji 800 ribu dollar atau sekitar Rp 8 miliar per tahun sebagai konsultan untuk miliuner China hanya sehari sebelum Pemilu 2016.

Gaji yang besar, yakni sekitar Rp 667 juta per bulan, itu menjadi sorotan publik di Australia. Namun, Menteri Urusan Khusus Australia, Scott Ryan, membela Robb.

"Kita harus berhati-hati ketika seseorang dengan portofolio luas – terutama orang seperti Andrew yang juga pengusaha senior sebelum masuk parlemen – tidak sepenuhnya dilarang bekerja setelah mereka tidak lagi menjabat," kata Ryan.

Komentar Ryan itu dikemukakan menyusul investigasi Program Four Corners ABC bersama kelompok media Fairfax.

Baca: China Protes Resmi atas Pernyataan Australia Terkait Laut China

Investigasi itu menyebutkan badan intelijen ASIO telah memperingatkan para pemimpin politik Australia bahwa Partai Komunis China (PKC) dapat mempengaruhi sistem politik Australia melalui sumbangan jutaan dollar dari para pengusaha berpengaruh.

Salah satu pengusaha tersebut adalah pengembang properti Huang Xiangmo, yang bersama rekannya menyumbangkan 50.000 dollar untuk Bayside Forum yang menjadi pembiayaan kampanye Andrew Robb, pada Perjanjian Perdagangan Bebas kedua negara ditandatangani tahun 2014.

Dalam perkembangan terpisah, investigasi menemukan bahwa Robb ternyata mulai bekerja sebagai konsultan miliuner China lainnya, Ye Cheng, pada 1 Juli 2016 – sehari sebelum pemilu.

Baca: Australia Pertimbangkan Patroli bersama Indonesia di Laut China

Dia sebelumnya mengumumkan bahwa akan mengundurkan diri dari parlemen Australia dan tidak lagi menjadi anggota parlemen pada 9 Mei.

Perusahaan Cheng, Landbridge Group, menjadi sorotan setelah berhasil mendapatkan kontrak 99 tahun atas pengelolaan Pelabuhan Darwin.

Tidak melanggar

Ryan mengatakan, posisi Robb yang bekerja paruh waktu di Grup Landbridge tidak melanggar kode perilaku menteri. Ryan menggambarkan situasinya sebagai "masalah yang kompleks".

"Tidak ada klaim bahwa Andrew Robb dengan cara apapun telah melanggar kode tersebut karena memang melarang berurusan dengan pejabat yang Anda hadapi sebagai menteri, mengenai isu-isu yang Anda hadapi sebagai menteri, atau pengetahuan yang Anda miliki sebagai menteri," kata Ryan.

Baca: Intelijen Australia Geledah Rumah Terduga Mata-mata China di Canberra

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com