Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Tutup Perbatasan Darat, Warga Qatar Borong Bahan Makanan

Kompas.com - 06/06/2017, 20:38 WIB

DOHA, KOMPAS.com - Sebagian besar warga Qatar berbondong-bondong menuju ke pasar-pasar swalayan untuk membeli bahan makanan, Selasa (6/6/2017).

Hal ini dilakukan wara setelah Arab Saudi memutuskan perbatasan daratnya dengan negeri kecil itu menyusul krisis diplomatik terburuk di Timur Tengah ini.

Baca: WNI di Qatar Diimbau Tetap Tenang dan Waspada

Warga Qatar terlihat memborong susu, air minum, beras, dan telur di beberapa pasar swalayan di negeri itu.

"Saya tak pernah melihat hal yang seperti ini, orang-orang memenuhi kereta belanja mereka dengan makanan dan air minum," ujar seorang pengunjung pasar swalayan Carrefour di Doha.

Serangkaian foto kosongnya rak-rak pendingin di pasar swalayan tersebar di media sosial, setelah warga membeli semua daging dan makanan beku lainnya.

Sementara itu, kabinet Qatar menjamin ruang udara dan laut negeri itu tetap terbuka untuk pergerakan manusia dan pasokan kebutuhan hidup.

Sedangkan Kemenlu Qatar bersikukuh penutupan perbatasan darat tak akan memengaruhi kehidupan warga dan penduduk negeri itu.

Pada Selasa pagi, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain mengumumkan akan menutup semua perbatasan darat, laut, dan udara dengan Qatar dalam 24 jam.

Baca: 7 Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik, Ada Apa dengan Qatar?

Sebagai negeri yang menempati sebuah semenanjung, satu-satunya perbatasan darat Qatar adalah dengan Arab Saudi.

Terbukanya perbatasan darat itu sangat dibutuhkan Qatar untuk mendatangkan bahan makanan dan bahan bangunan untuk berbagai proyek infrastruktur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Doha News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com