Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Identifikasi Dua Pelaku Penyerangan di London Bridge

Kompas.com - 06/06/2017, 14:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Tersangka pemimpin penyerangan di London Bridge yang terekam kamera dengan sejumlah tabung terikat ke tubuhnya disebut polisi bernama Khuram Butt.

Khuram Butt (27), asal London Timur diyakini memimpin tiga pelaku penyerangan yang menabrak pejalan kaki sebelum menikam pengunjung pub dan bar Sabtu malam lalu.

Baca: 130 Imam Masjid Tolak Salatkan Jenazah Pelaku Teror London

Komisaris Mark Rowley mengatakan Khuram Butt sudah "dikenal" kepolisian dan MI5. Namun, kedua instansi keamanan itu tak mendapatkan bukti bahwa Kuram merencanakan penyerangan.

Akibat tak adanya bukti itu, kepolisian dan MI5 menganggap Khuram sebagai "prioritas rendah".

Khuram Butt memang tak pernah menutupi pandangan ekstremnya. Dia bahkan terang-terangan berpose dengan bendera ISIS di Regent's Park, pusat kota London.

Aksi itu dia lakukan, untuk film dokumenter yang diproduksi stasiun televisi Channel 4 berjudul The Jihadis Next Door.

Setelah dokumenter itu ditayangkan pada Januari 2016 itu, MI5 dan polisi anti-teror mulai menyelidiki Khumar Butt hingga dia melakukan serangan di London Bridge.

Khuram Butt dan rekan-rekannya terkait dengan kelompok ekstremis terlarang al-Muhajiroun dan bahkan pernah ditangkap polisi pada 2015 tetapi dibebaskan tanpa tuntutan.

Kelompok Al-Muhajiroun ini dilarang tak lama setelah tragedi pengeboman pada 7 Juli 2005. Organisasi penerus Al-Muhajiroun sejak saat itu selalu terkait dengan berbagai perencanaan aksi teror.

Khuram Butt tiba di Inggris dari Pakistan saat masih anak-anak. Ayahnya bekerja di toko buah dan sayuran di London Timur dan meninggal dunia pada 2003.

Pelaku kedua diidentifikasi sebagai Rachid Redouanne (30), pria berdarah Maroko-Libya.

Berbeda dengan Khuram Butt, polisi dan dinas keamanan lain di Inggris tak mengenal Rachid Redouanne.

Redouanne, yang juga memiliki nama alias Rachid Elkhdar, mengaku enam tahun lebih muda dari usianya dan tinggal di rumah susun tak jauh dari kediaman Khumar Butt.

Baca: Polisi Sudah Tahu Identitas Tiga Pelaku Teror di London

Pria ketiga, yang belum diidentifikasi namanya, bukan warga Inggris. Dia diperkirakan keturunan Maroko yang tinggal di Dublin, Irlandia

Ketiga orang ini tewas ditembak polisi di kawasan Borough Market di wilayah selatan London, delapan menit setelah melakukan serangan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com