Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penyerangan London Diduga Pria Maroko yang Tinggal di Irlandia

Kompas.com - 05/06/2017, 22:40 WIB

DUBLIN, KOMPAS.com - Salah satu dari tiga pelaku penyerangan yang tewas ditembak polisi di London Sabtu malam lalu diketahui membawa kartu pengenal Irlandia dan tinggal di kota Dublin.

Demikian dikabarkan lembaga penyiaran publik Irlandia, RTE, Senin (5/6/2017).

Mengutip keterangan kepolisian setempat, RTE menyebut, pria itu adalah keturunan Maroko yang menikahi seorang perempuan Skotlandia.

"Kami akan memberikan bantuan kepada kolega kami di Kepolisian Metropolitan London terkait serangan teror di London," demikian pernyataan kepolisian Irlandia.

"Kami akan memproses semua permintaan pemerintah Inggris terkait identitas individual atau hal lain," tambah kepolisian.

Baca: Gadis Korban Teror London Tewas di Pelukan Tunangannya

RTE menambahkan, para petugas Biro Imigrasi Garda Nasional (GNIB) sedang memeriksa terkait data domisili pria yang belum disebutkan namanya dan status pernikahannya selama tinggal di Irlandia.

Kondisi kartu identitas itu rusak tetapi sejumlah sumber memastikan kartu itu adalah kartu GNIB atau EU Fam Card, sebuah jenis kartu residensi untuk warga non-Uni Eropa yang terkait dengan seorang warga Uni Eropa di Irlandia.

Semua warga non-Uni Eropa yang pindah ke Irlandia harus mendaftarkan diri ke otorita imigrasi begitu tiba di negeri itu.

Dan jika mereka tinggal selama lebih dari tiga bulan maka mereka harus mengurus kartu GNIB dan kartu itu harus selalu dibawa.

Alternatifnya, pria itu mendapatkan EU Fam Card karena dia memiliki hubungan dengan warga Uni Eropa di Irlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com