Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doha Protes Keras Pengucilan oleh Tiga Negara Teluk dan Mesir

Kompas.com - 05/06/2017, 14:44 WIB

DOHA, KOMPAS.com –  Permerintah Qatar, Senin (5/6/2017), memprotes keras langkah tiga negara Teluk Arab dan Mesir yang memutuskan hubungan diplomatikan secara sepihak dengan Doha.

Pemutusah hubungan itu dinilai Doha sebagai tindakan “tidak dapat dibenarkan” dan bertujuan untuk melakukan pengawasan politik.

"Langkah-langkah tersebut tidak dapat dibenarkan dan didasarkan pada klaim palsu dan tidak berdasar," kata Kementerian Luar Negeri Qatar dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu mengacu pada langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang dilakukan oleh Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir.

"Tujuannya jelas, dan ini sama dengan memberlakukan pengawasan pada Qatar dan dengan sendirinya merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan (Qatar) sebagai sebuah negara," tambahnya.

Baca: Empat Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Empat negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi sebelumnya memutuskan hubungan diplomatik dengan QatarSelanjutnya, negara-negara menutup akses ke negara Teluk tersebut.

Hal ini merupakan dampak dari meningkatkan krisis yang dimulai dari hubungan Qatar dengan Iran dan dukungan terhadap Ikhwanul Muslimin.

Pemerintah Arab, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan tentang keputusan itu, seperti dilansir laman Bloomberg, Senin (5/6/2017).

Keempat negara tersebut akan menangguhkan perjalanan udara dan laut dari dan ke Qatar.

Selain itu, Arab juga akan menutup penyeberangan darat dengan negara tetangganya itu.

Demikian diwartakan Kantor Berita Arab Saudi, yang menyebut kebijakan itu berpotensi merampas nilai impor kerajaan tersebut. 

Baca: Mesir Tuduh Anggota Ikhwanul Muslimin Dalang Peledakan Gereja Koptik

Arab Saudi menjadikan dukungan Qatar kepada kelompok teroris yang bertujuan untuk mengacaukan wilayah Teluk, sebagai alasan utama.

Dukungan itu diberikan Qatar termasuk kepada kelompok Ikhwanul Muslimin, Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok teroris Al-Qaeda.

Arab Saudi menuduh Qatar mendukung kelompok teroris yang didukung Iran yang beroperasi di provinsi timur kerajaan tersebut, dan juga Bahrain.

Tiga negara Teluk Arab itu  memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk pergi dari negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com