Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2017, 06:17 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Inggris menangkap 12 orang terkait aksi teror di London Bridge dan Borough Market, Sabtu (3/6/2017) malam, yang menewaskan tujuh orang dan melukai 48 lainnya.

Penangkapan terjadi di Barking, London timur, setelah penggerebekan, Minggu (4/6/2017), di sebuah flat tempat tinggal salah seorang dari tiga teroris yang semuanya tewas ditembak polisi tak lama setelah kejadian.

Baca: Teror di London, 6 Korban Tewas dan 3 Teroris Ditembak Mati

Warga di sekitar tempat penggerebekan mengatakan, teroris itu tinggal tiga tahun di flat yang digerebek. Dia menikah dan memiliki dua anak.

Sebuah mobil van berwarna putih menabrak para pejalan kaki di London Bridge, Sabtu malam sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Tiga pria yang ke luar dari mobil itu kemudian menikam orang-orang di Borough Market, yang ramai dengan para turis lokal maupun asing.

Baca: Terungkap, dari Mana Datangnya 3 Teroris Berpisau di Borough Market

Ketiga penyerang ditembak mati politi beberapa menit kemudian.

Sebagian besar partai politik di Inggris menunda kampanye pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu. Namun, pemilihan umum akan tetap digelar pada Kamis, 8 Juni mendatang.

Serangan di London Bridge ini merupakan yang ketiga dalam selang waktu tiga bulan, setelah serangan mobil dan pisau di Westminster pada bulan Maret yang menewaskan lima orang.

Dua pekan lalu, sebuah serangan bom bunuh di luar sebuah tempat konser musik di Manchester Arena menewaskan 22 orang.

Identitas korban dalam serangan terbaru di London Bridge masih belum diumumkan. Namun Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakakan seorang warganya termasuk dalam korban yang tewas.

Sementara 21 orang yang berada dalam kondisi kritis antara lain adalah warga Inggris, Perancis, Spanyol, Australia, dan Selandia Baru.

Empat polisi juga cedera, termasuk seorang yang sedang tidak bertugas dan melawan salah seorang dari tiga penyerang.

Baca: Serangan Mengerikan di London Bridge dan Borough Market

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com