Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2017, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II merupakan kepala negara yang paling lama memerintah hingga saat ini. Dia naik tahta pada 2 Juni 1953 saat berusia 25 tahun.

Upacara pemahkotaan Elizabeth II digelar di Westminster Abbey, London, diwarnai pembacaan sumpah dia hadapan para undangan, tamu negara, dan para pemimpin negara-negara persemakmuran.

Elizabeth II menggantikan ayahnya George VI yang meninggal dunia pada 6 Februari 1952 untuk menjadi kepala negara Inggris Raya dan negara-negara persemakmuran.

Baca: Istana Buckingham Rilis Foto Terbaru Ratu Elizabeth II

Upacara pelantikan Ratu Elizabeth II itu memang hanya berlangsung satu tahun tetapi persiapannya membutuhkan waktu 14 bulan.

Setelah melakukan sejumlah sidang, Komisi Pemahkotaan yang diketuai Duke of Edinburgh, suami Elizabeth, pada Juni 1952 mengumumkan, upacara pemahkotaan akan digelar dalam waktu setahun kemudian.

Di antara masa satu tahun itu, diwarnai meninggalnya nenek Elizbeth, Ratu Mary pada 24 Maret 1953 karena sakit. Namun, peristiwa ini tak mengubah rencana semula.

Saat itu perancang busana Norman Hartnell diperintahkan untuk membuat pakaian untuk keluarga kerajaan terutama gaun yang akan dikenakan Elizabeth.

Akhirnya Elizabeth akan mengenakan gaun sutra berwarna putih dengan hiasan berbagai bunga yang menjadi lambang negara-negara Inggris Raya dan persemakmuran.

Upacara penobatan Elizabeth mengikuti pola yang sudah lama dilakukan bagi para raja dan ratu Inggris.

Upacara digelar di Westminster Abbey yang melibatkan keluarga kerajaan, para bangsawan, dan tokoh-tokoh agama. Namun, untuk penobatan Ratu Elizabeth II memang ada beberapa hal yang berbeda.

Penobatan Ratu Elizabeth II ini adalah yang pertama kali disiarkan langsung dan menjadi ajang internasional pertama yang disiarkan televisi.

Upacara ini juga direkam dalam film berwarna, terpisah dengan siaran langsung BBC yang masih hitam putih.

Jutaan warga Inggris menyaksikan upcara itu langsung dari berbagai penjuru negeri.
Sementara untuk memastikan warga Kanada bisa menyaksikan acara itu di hari yang sama, AU Inggris menerbangkan rekaman filmnya menyeberangi Samudera Atlantik agar bisa disiarkan di Kanada.

Penerbangan untuk mengantarkan film upacara penobatan Ratu Elizabeth II itu menjadi penerbangan non-stop pertama dari Inggris menuju Kanada.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com