Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Big Ben Pertama Kali Beroperasi

Kompas.com - 31/05/2017, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu ikon kota London yang paling terkenal adalah jam Big Ben yang berada di puncak menara Santo Stephen di gedung parlemen Westminster. Nah, pada 31 Mei 1859 menjadi hari pertama jam antik itu beroperasi.

Big Ben sebenarnya hanya sebuah julukan saja. Nama asli jam dan menaranya itu awalnya adalah Santo Stefanus yang kemudian pada 2012 diganti menjadi Menara Elizabeth.

Pada 31 Mei 2009 menara setinggi 97 meter itu tepat berusia 150 tahun dan hingga kini masih berfungsi serta menjadi salah satu daya tarik wisata di London.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Puncak Everest Ditaklukkan untuk Kali Pertama

Setelah kebakaran besar menghancurkan sebagian besar Istana Westminster, yang menjadi tempat bekerja Parlemen Inggris, pada Oktober 1834 maka salah satu desain baru tempat itu adalah jam raksasa di puncak sebuah menara.

Pakar astronomi Inggris masa itu, Sir George Airy menginginkan sebuah jam yang sangat akurat termasuk pengecekan dua kali sehari dengan Observatorium Kerajaan di Greenwich.

Jam raksasa itu dirancang oleh Augustus Pugin dan dibuat dengan kerangka besi berdiameter 7 meter dengan 312 buah kaca opal.

Beberapa kacanya bisa dilepas untuk memudahkan pemeriksaan. Lingkaran di sekitar jam itu disepuh dan di bawahnya tertulis sebuah kalimat dalam bahasa Latin berbunyi:

Domine Salvam Fac Reginam Nostram Victoriam Primam yang artinya Tuhan, Lindungi ratu kami Vitoria yang Pertama.

Jam raksasa ini sangat terkenal karena keakuratannya. Teknologi jam ini dirancang pembuat jam amatir Edmund Beckett Denison dan astronom George Airy.

Sementara pembuatan jam itu diserahkan kepada pakar pembuat jam Edward John Dent yang meninggal dunia pada 1853 dan pekerjaannya dilanjutkan putranya Frederic Dent.

Frederic menyelesaikan pekerjaannya membuat jam raksasa ini pada 1854 tetapi secara keseluruhan menara yang menopang jam tersebut baru benar-benar selesai dibangun pada 1859.

Dengan berat mencapai 13 ton, bel yang berukuran raksasa ditarik menuju menara melalui jalan-jalan kota London di atas kereta yang ditarik 1t6 ekor kuda dan menjadi tontonan warga saat itu.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Munculnya Legenda Monster Loch Ness

Setelah dipasang, Big Ben pertama kali berdentang pada 31 Mei 1859. Dua bulan kemudian, pemukul yang terlalu berat rancangan Denison merusak bel Big Ben.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com