Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investigasi Pabrik Sepatu Ivanka Trump, Aktivis Ditahan dan Hilang

Kompas.com - 31/05/2017, 13:58 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Tiga pria dari kelompok pegiat hak-hak buruh, China Labor Watch yang berbasis di New York, AS, sedang meninjau kondisi pabrik di mana sepatu-sepatu Ivanka Trump dibuat di China.

Namun, seorang aktivis buruh melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran di sebuah pabrik di China, yang biasa merakit sepatu Ivanka Trump telah ditangkap dan ditahan polisi.

Dua aktivis lainnya hilang, demikian dilaporkan The Guardian, pada Rabu (31/5/2017).

Kasus ini meningkatkan kekhawatiran bahwa hubungan perusahaan itu dengan keluarga Presiden AS mungkin telah menyebabkan perlakuan lebih kasar.

Hua Haifeng (36) telah ditangkap polisi dengan tudingan telah melakukan penyelidikan ilegal, kata istrinya Deng Guilian.

Baca: Hamil Tua, Putri Donald Trump Kenakan Busana Ketat dan Sepatu Tinggi

Hua telah bergabung dengan organisasis hak-hak buruh selama lebih dari satu dekade dan sedang menginvestigasi sebuah pabrik di Provinsi Guangdong, China selatan untuk China Labor Watch.

Hua berusaha untuk pergi ke Hongkong pekan lalu, tetapi dicegat oleh aparat di perbatasan. Ia kemudian diinterogasi oleh polisi di Shenzhen, kota di China yang terledak di dekat perbatasan dengan Hongkong dan kemudian dilepas.

Ia kemudian berangkat menuju Provinsi Jiangxi dan kemudian menghilang, sebelum istrinya akhirnya diberitahu oleh polisi.

 “Saya merasa takut ketika polisi memanggil saya,  perasaan saya terguncang oleh rasa takut dan marah,” kata Deng kepada The Guardian.

Deng juga menambahkan, ia sangat merisaukan kondisi itu dan dia tidak bisa menghidupi anak-anaknya dan orangtuanya karena tidak memiliki penghasilan sendiri.

Baca: Putri Donald Trump Digugat Menjiplak Sepatu Desainer Ternama

Kasus tersebut menyoroti kepekaan politik dari sebuah merek barang yang terkait dengan keluarga Donald Trump, yang sebenarnya juga selalu berkompetisi dengan Presiden Xi Jinping.

Dua aktivis lainnya, Li Zhao dan Su Heng, yang juga telah melakukan investigasi sebuah pabrik di Provinsi Jiangxi, tempat pembuatan sepatu Ivanka Trump, hingga Rabu (31/5/2017) ini masih hilang.

Li Qiang, Direktur Eksekutif China Labor Watch percaya bahwa mereka telah ditangkap oleh polisi atau masih ditahan di pabrik sepatu tersebut.

"Saya berpikir mereka ditahan karena pabrik ini membuat produk untuk Ivanka Trump, jadi sekarang situasi ini telah menjadi sangat politis dan rumit," kata Li.

"Saya menghimbau kepada Presiden Trump, Ivanka Trump sendiri, dan kepada pemegang mereknya untuk mengadvokasi dan mendesak pembebasan aktivis kami,” demikian Li.

Baca: Sebelum Ditarik, Penjualan Produk Mode Ivanka Trump Sudah Anjlok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com