Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Presiden Buhari? Peringatan 2 Tahun Berkuasa Pun Dilewatkan

Kompas.com - 29/05/2017, 18:32 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Presiden Nigeria Muhammadu Buhari yang kini sedang sakit, tak hadir dalam peringatan dua tahun kekuasaannya di Nigeria, Senin (29/5/2017).

Hingga berselang tiga minggu sejak Buhari menjalani cuti untuk berobat, belum ada kabar terbaru terkait kondisi kesehatan sang Presiden. 

Muhammadu Buhari dan Wakilnya Yemi Osinbajo dilantik pada tanggal 29 Mei 2015, dua bulan setelah memperoleh kemenangan pertama bagi kubu oposisi.

Pasangan ini berjanji untuk mengalahkan kelompok teroris Boko Haram dan menangani korupsi endemik yang telah menggerogoti bangsa itu.

Namun kedua target itu kian berat terwujud menyusul resesi ekonomi yang melanda negara itu, dan semakin marak spekulasi tentang kesehatan Buhari.

Mantan penguasa militer berusia 74 tahun itu menghabiskan hampir dua bulan waktunya dalam perawatan di London, mulai Januari-Februari 2017.

Baca: Setelah 1,5 Bulan Dirawat di London, Presiden Nigeria Kembali ke Abuja

Hingga kini tak ada yang mengetahui penyakit apa yang diderita Buhari. 

Lalu, pada 7 Mei lalu, Buhari kembali berangkat ke Inggris untuk menjalani perawatan lanjutan, dan hingga hari ini kabarnya belum lagi terdengar. 

Baca: Sakit, Presiden Nigeria Buhari Serahkan Kuasa ke Tangan Wakilnya

Sempat beredar desas-desus yang menyebutkan, Buhari telah mengirim pesan berupa rekaman untuk negara tersebut.

Namun, Osinbajo mengatakan dalam pidatonya, "Saya membawa Anda harapan baik dari Presiden Muhammadu Buhari, yang seperti kita semua tahu jauh dari negara ini dalam perawatan medis."

Seperti diberitakan AFP, Osinbajo mengakhiri pidato dengan meminta doa demi pemulihan kesehatan dan kekuatan penuh agar bisa dan kembali menjalankan tugas sebagai presiden.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com