Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem "Error", British Airways Batalkan Semua Penerbangan dari London

Kompas.com - 27/05/2017, 20:09 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan British Airways membatalkan semua penerbangannya dari bandara Heathrow dan Gatwick, Sabtu (27/5/2017), akibat masalah IT yang terjadi di seluruh dunia

Manajemen British Airways hanya mengatakan, mereka mengalami sebuah "kegagalan sistem IT besar-besaran" di seluruh dunia.

Baca: Gara-gara Tikus, Penerbangan British Airways Tertunda 4 Jam

British Airways tak mengatakan penyebab masalah itu tetapi menegaskan tak menemukan bukti adanya serangan siber.

Akibat pembatalan semua penerbangan hingga pukul 18.00 waktu setempat ini, maka terminal-terminal British Airways di Heathrow dan Gatwick menjadi sangat penuh.

British Airways kemudian mengimbau calon penumpangnya yang belum berangkat ke bandara sebaiknya menunda keberangkatan mereka.

Sebelumnya, para penumpang di bandara Heathrow melaporkan adanya antrean sangat panjang di meja-meja pelayanan check-in dan penundaan penerbangan.

Salah seorang penumpang mengunggah foto di Twitter yang memperlihatkan seorang staf British Airways menuliskan nomor gerbang di sebuah papan tulis.

"Kami mencoba di mesin layanan check-in mandiri, tak satupun berfungsi," kata Terry Page, calon penumpang yang akan terbang ke Texas, AS.

"Ada antrean panjang dan baru diketahui kemudian bahwa tak ada sistem yang bekerja, tapi kami tak mengetahuinya hingga kami sampai ke depan," tambah Terry.

Masalah tak hanya menimpa penumpang yang akan berangkat tetapi juga yang tiba di kedua bandara tersebut.

Baca: Pria Inggris Pukuli Istrinya dalam Penerbangan British Airways

Seorang penumpang, Melissa Davies mengatakan, dia tertahan lebih dari 1,5 jam di landasan pacu bandara Heathrow dalam pesawat British Airways yang tiba dari Belfast, Irlandia Utara.

Bandara Heathrow mengatakan, masalah IT mengakibatkan sejumlah penerbangan tertunda dan pihak bandara bekerja sama dengan British Airways tengah berusaha menyelesaikan masalah itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com