Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MA Taiwan Melegalisasi Perkawinan Sesama Jenis

Kompas.com - 24/05/2017, 19:14 WIB

TAIPE, KOMPAS.com - Mahkamah Agung di Taiwan, Rabu (24/5/2017), mengeluarkan keputusan yang membuka jalan bagi legalisasi perkawinan sesama jenis.

Para hakim agung mengatakan bahwa hukum yang berlaku saat ini, yang melarang perkawinan sesama jenis, tidak konstitusional.

Parlemen diberi waktu dua tahun untuk mengubah undang-undang dan jika peraturan hukum tersebut disetujui, Taiwan akan menjadi negara pertama di Asia yang secara resmi mengakui perkawinan sesama jenis.

Namun, mengapa Taiwan mendukung perkawinan sesama jenis?

Baca: Akankah Pernikahan Sejenis Jadi Legal di Taiwan?

Taiwan dikenal menjunjung nilai-nilai liberal dan kawasan ini juga menggelar acara tahunan pawai gay terbesar di kawasan.

Desakan untuk mengakui hak-hak kaum gay mendapatkan momentum ketika Tsai Ing-wen terpilih sebagai presiden tahun lalu. Ia secara terbuka mendukung perkawinan sesama jenis.

Isu ini masih membelah pandangan masyarakat.

Menurut BBC, kelompok-kelompok agama dan kalangan orangtua bertekad untuk menekan parlemen agar tidak meloloskan rancangan undang-undang yang mengakui perkawinan sesama jenis.

Mereka beralasan untuk masalah sepenting ini tidak cukup ditentukan oleh anggota parlemen dan mestinya pemerintah meminta pendapat seluruh rakyat melalui referendum.

Baca: Homoseksualitas, dari Hukuman Mati hingga Pernikahan Sejenis

Sementara itu, kelompok-kelompok yang pro berharap parlemen akan mengeluarkan UU yang tak hanya mengakui perkawinan sesama jenis tapi juga memberi hak-hak yang sama, seperti yang dimiliki pasangan suami-istri.

Hak-hak yang dimaksud adalah adopsi, pola asuh, dan hukum waris.

RUU perkawinan sesama jenis sudah dimasukkan ke parlemen namun belum diketahui seberapa cepat RUU ini akan disetujui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com