Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sepekan Bekerja, Presiden Baru Perancis Bersitegang dengan Media

Kompas.com - 19/05/2017, 22:40 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Di pekan pertamanya menjadi Presiden Perancis, Emmanuel Macron sudah bersitegang dengan media yang dipicu pemilihan jurnalis yang dibawa dalam kunjungan kenegaraan ke Afrika Barat.

Perwakilan 25 perusahaan media, termasuk kantor berita AFP, stasiun televisi BFM dan TF1 serta harian Le Monde dan Le Figaro menandatangani surat terbuka yang menyatakan "prihatin" terhadap strategi komunikasi Macron.

"Bukan sepenuhnya hak (Istana) Elysee untuk memilih siapa saja yang berhak meliput perjalanan dinas presiden, apapun temanya," demikian isi surat terbuka itu.

Baca: Macron Tunjuk Edouard Philippe Jadi Perdana Menteri Perancis

Juru bicara kepresidenan Sylvain Fort mengatakan, dalam satu atau dua kasus para jurnalis sudah dihubungi langsung dan ditawari tempat yang tersedia untuk mengikuti perjalanan dinas Presiden Macron ke Mali, Jumat (19/5/2017).

Staf lain kepresidenan mengatakan, pemilihan jurnalis ini lebih karena  pihak istana ingin membawa para "spesialis" ketimbang rombongan jurnalis politik yang biasa meliput kegiatan presiden.

"Para jurnalis yang khawatir bisa dipastikan bahwa (Istana) Elysee tak berniat mengambil alih pekerjaan jurnalis," demikian pernyataan istana presiden kepada organisasi Jurnalis tanpa Batas yang juga ikut meneken surat terbuka itu.

Macron (39) berkata dia berniat menjaga jarak dengan media sebagai upaya memperbaiki otorita kantor kepresidenan yang menurutnya sudah rusak di bawah pendahulunya Francois Hollande karena gemar bergosip.

Di masa pemerintahannya, Hollande sering berbincang santai dengan para jurnalis dan kerap memberikan pernyataan off-the-record.

Namun, semuanya hancur setelah sebuah buku berjudul "A Presiden Shouldn't Say That" yang terbit di akhir masa jabatan Hollande yang bersumber dari perbincangan tak resmi sang presiden dengan para jurnalis.

Kini, Macron berusaha membatasi pernyataan persnya sebagai upaya agar tetap fokus terhadap prioritas pemerintahannya.

Baca: Sehari Setelah Dilantik, Macron Langsung Temui Merkel di Berlin

Bahkan usai pelantikannya pada Minggu pekan lalu, para jurnalis langsung dipersilakan keluar dari istana kepresidenan dan tetap tak diberi banyak ruang untuk meliput rapat kabinet pertamanya, Kamis (18/5/2017).

Langkah serupa juga diberlakukan kepada para menteri kabinet, yang menurut juru bicara pemerintah Christophe Castaner diperintahkan agar membatasi pernyataan kepada media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com