Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Bela Ahok dan Dukung Jokowi Muncul di Belasan Negara

Kompas.com - 13/05/2017, 16:09 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com – Aksi membela gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terhukum kasus penodaan agama Islam, muncul di belasan negara di Amerika, Australia, Eropa, dan Asia.  

Mereka juga menyatakan dukungan yang kuat kepada pemerintah Presiden Joko Widodo untuk menindak radikalisme dan ekstremisme di Tanah Air, demi tegaknya negara kesatuan (NKRI).

Erwina Hawadi-Anderson, WNI diaspora, dalam laporannya kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2017) malam atau Sabtu (13/5/2017) siang WIB, dari Los Angeles (LA), AS, mengatakan, aksi solidaritas dan pernyataan dukungan itu dipelopori “Jaringan Ahok-Djarot Internasional”.

WNI diaspora di negara-negara di Amerika, Eropa, Australia, dan Asia akan melakukan aksi damai dengan menyalakan lilin dan doa bersama pada Sabtu (13/5/2017) dan Minggu (14/5/2017) waktu setempat di masing-masing negara.

Baca: “Jaringan Ahok-Djarot Internasional” Terus Berkarya untuk Indonesia

Di AS sendiri, aksi solidaritas yang ditandai dengan menyalakan lilin akan diikuti ribuan orang di sedikitnya 10 kota, antara lain LA, Washington DC, San Francisco, Seattle, Chicago,  dan New York.

Aksi solidaritas untuk Ahok dan dukungan untuk Presiden Jokowi menegakkan NKRI di LA dilakukan pada Sabtu (13/5/2017) pukul 17.00 atau Minggu WIB.

“Tujuan cadle light itu adalah untuk membela Ahok dan mendukung pemerintah NKRI di bawah Presiden Jokowi saat ini,” kata Butce Lie, WNI diaspora di LA.

“Kami mendukung pemerintah untuk memberantas intoleransi dan kelompok yang ingin mengubah Pancasila,” kata Butce yang bekerja di WorldHarvest, sebuah organisasi kemanusiaan internasional.

Baca: Dukungan kepada Ahok "Go International"

Utomo Lukman, salah satu WNI diaspora di LA mengatakan, aksi solidaritas untuk Ahok dan dukungan bagi NKRI di seluruh dunia itu dipelopori oleh perkumpulan “Jaringan Ahok-Djarot Internasional”.  

Erwina Hawadi-Anderson untuk Kompas.com Warga diaspora di AS menggelar acara Malam Bhineka Tunggal Ika di Los Angeles, Southern California, Sabtu (21/1/2017) malam atau Minggu (22/1/2017) siang WIB. Mereka menyatakan dukungan kepada pasangan Ahok-Djarot dalam Pilkada DKI Jakarta.
Jaringan tersebut tidak akan berhenti berkarya hanya karena pasangan yang didukung, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, kalah dalam Pilgup DKI Jakarta.

Perkumpulan “Jaringan Ahok-Djarot International” dimulai oleh Frans Simamarta, WNI diaspora yang berdomisili di Sydney, Australia, dan juga oleh Utomo Lukman dari Sourthern California, AS.

Diana Daulima, WNI diaspora di Virginia (VA), mengatakan, sudah waktunya rakyat Indonesia untuk mengawal orang-orang baik menjadi pemimpin, bukan politisi yang “menggunakan agama untuk kendaraan mereka mencapai tujuan yang tidak mencerminkan nilai-nilai agama itu sendiri”.

Baca: Pilgub DKI di Mata WNI Diaspora, Bikin “Deg-degan, Jengkel, dan Serem”

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com