Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2030, 50 Juta Anak-anak di China Alami Obesitas

Kompas.com - 13/05/2017, 13:10 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Lebih dari seperempat anak-anak di China akan mengalami obesitas pada 2030 dan para pakar mengingatkan level obesitas anak di China sedang menuju level wabah.

Pola makan yang berubah dan gaya hidup yang tak banyak bergerak membuat hampir 50 juta anak-anak usia 7-18 tahun akan masuk klasifikasi obesitas pada 2030.

Demikian laporan hasil penelitian Fakulas Kesehatan Publik Universitas Peking, China belum lama ini.

Dalam laporan berdasar penelitian di sembilan kota besar di China, Universitas Peking menyebut, jumlah anak-anak obesitas pada 1985 hanya 6,15 juta orang.

Baca: Duduk 9 Jam di Sebelah Pria Obesitas, Pengacara Ini Gugat Emirates

Jika mengikuti hasil penelitian ini maka pada 2030, jumlah anak-anak obesitas di China akan meningkat 43 persen dibanding angka 2014 yang mencapai 35 juta seperti catatan WHO.

Bertambahnya berat badan penduduk usia muda meresahkan pemerintah China karena layanan kesehatan di negeri itu bakal kewalahan dan membutuhkan biaya besar.

Laporan terbaru ini menyebut uang sebanyak 49 miliar yuan atau tak kurang dari Rp 94,6 triliun akan dihamburkan untuk mengobati penyakit kronis yang terkait obesitas pada 2039.

Meski anak-anak China kini semakin gemuk, tetapi untuk urusan ini, Negeri Tirai Bambu masih kalah jauh dibanding Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat jumlah pria obesitas tiga kali lebih banyak dibanding China dan jumlah perempuan AS yang kelebihan berat badan dua kali lebih banyak dari China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com