Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Soal Pemecatan Comey Tak Konsisten, Trump Bela Diri

Kompas.com - 12/05/2017, 19:41 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com -  Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan, jadwal kerja Presiden yang padat membuat para staf sulit untuk memberikan akurasi yang sempurna saat menyampaikan keterangan kepada media. 

Komentar ini diungkapkan Trump, Jumat (12/5/2017) untuk membela keterangan staf di pemerintahannya yang bertolak belakang dengan keterangan Presiden.

Hal itu menyangkut konsistensi mengenai kapan dan apa alasan pemecatan mendadak terhadap Direktur Biro Penyelidik Federal (FBI) James Comey minggu ini.

Baca: Inikah Alasan Trump Pecat James Comey dari Jabatan Direktur FBI?

Komentar Trump itu, -seperti biasanya, disampaikan melalui jejaring media sosial Twitter. 

Dia menulis, "sebagai Presiden yang sangat aktif dengan banyak hal yang terjadi, tidak mungkin bagi orang yang mewakili saya untuk berdiri di podium dengan akurasi yang sempurna!"

"Mungkin hal terbaik yang harus dilakukan ke depan adalah meniadakan jumpa pers, dan hanya memberikan tanggapan secara tertulis, demi akurasi?"

Sebelumnya, Penasihat Presiden mengatakan Trump memecat Comey sebagai tanggapan atas rekomendasi dari Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein.

Namun kemudian disebutkan, pemecatan tersebut telah cukup lama dipertimbangkan Trump.

Komentar Trump bertentangan dengan keterangan yang diberikan pihak Gedung Putih.

Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan NBC News, Trump mengaku telah merencanakan pemecatan Comey, terlepas dari rekomendasi dari pejabat Departemen Kehakiman.

Baca: Pemecatan Direktur FBI, Cerminkan Ketakutan Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com