Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musibah di Acara Nikah, Tembok 28 Meter Roboh Tewaskan 25 Orang

Kompas.com - 12/05/2017, 05:50 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Jumlah korban jiwa akibat ambruknya tembok di sebuah tempat pesta perkawinan di negara nagian Rajasthan, India Barat, naik menjadi 25 orang.

Polisi setempat melaporkan, tembok tersebut ambruk pada Rabu tengah malam di Bharatpur, sekitar 186 kilometer di timur Jaipur, ibu kota Rajasthan, seperti dilaporkan Xinhua pada Kamis (11/5/2017).

Menurut warga lokal, topan kuat menerjang daerah itu pada Rabu malam, sehingga membuat tembok tersebut ambruk.

"Semalam, satu tembok ambruk di gedung pernikahan di sini, menewaskan 25 orang dan melukai 28 orang lagi," kata seorang pejabat senior polisi melalui telepon, Kamis.

Baca: Tembok Pembatas Pabrik Pengolahan Kulit Roboh, 2 Orang Tewas

"Semua korban cedera telah dibawa ke rumah sakit dan semua jenazah telah disimpan di kamar mayat serta akan diserahkan kepada keluarga mereka nanti," katanya.

Beberapa saksi mata mengatakan orang yang menghadiri pesta perkawinan sedang makan di tempat terbuka ketika tembok sepanjang 28 meter dengan ketinggian empat meter ambruk dan menimpa mereka.

Polisi mengatakan beberapa gerai makanan ditempatkan di dekat tembok itu.

Inspektur Jenderal Polisi Alok Vashistha mengatakan kepada media seluruh bangunan tembok tersebut dan gudang ambruk dan mereka yang berlindung di sana juga terjebak.

Peristiwa itu memicu kepanikan di kalangan orang yang menghadiri pesta pernikahan tersebut.

Baca: Ayah Sakit Jiwa Lempar Granat, Pesta Nikah Berakhir Tragis dengan 13 Orang Tewas

Menteri Besar Rajasthan, Vasundhara Raje, telah mengucapkan belasungkawa atas jatuhnya korban tewas dan menginstruksikan para pejabat kesehatan agar memberikan bantuan yang bisa diberikan kepada korban cedera.

Pemerintah lokal juga telah mengumumkan ganti rugi keuangan untuk korban tewas.
Kecelakaan mematikan akibat bangunan ambruk sering terjadi di India.

Banyak ahli bangunan menduga kurangnya administrasi dan korupsi di India melecehkan peraturan bangunan – yang seringkali mengakibatkan buruknya barang yang digunakan – pengawasan yang tak memadai, serta buruknya standar keselamatan buat pekerja sebagai penyebab kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com