Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kapal AL Rusia Berlayar di Dekat Perairan Latvia

Kompas.com - 09/05/2017, 12:07 WIB

RIGA, KOMPAS.com - Angkatan bersenjata Latvia mengatakan telah memergoki tiga kapal perang AL Rusia di dekat perairannya.

Menurut pernyataan militer Latvia lewat akun Twitter-nya, tiga kapal perang itu teridentifikasi sebagai Liven 551, Serpukhov 603, dan Morshank 824.

Ketiga kapal perang itu melintas empat mil atau sekitar 7 kilometer dari batas wilayah perairan dan 22 kilometer dari pesisir Latvia.

Harian terbitan Rusia, Fontanka mengabarkan, ketiga kapal perang itu muncul sebagai respon atas kehadiran kapal perusak Amerika Serikat di kawasan tersebut.

Harian itu menambahkan, Morshank 824 dan kapal-kapal perang itu awalnya berada di  sekitar pelabuhan Kronshtadt, St Petersburg tetapi kemudian dikerahkan ke Laut Baltik.

Pengerahan ketiga kapal perang itu adalah sebagai antisipasi kedatangan kapal penjelajah AS, USS Carney.

Fontanka menambahkan, akibat tugas mendadak itu, maka parade kapal perang untuk memperingati Victory Day, perayaan berakhirnya Perang Dunia II, tak jadi digelar pada Selasa (9/5/2017).

Namun, seorang sumber militer Rusia kepada kantor berita Ria Novosti mengatakan, parade itu tak dibatalkan hanya jumlah kapal yang ikut serta berkurang.

Bulan lalu, komandan pasukan gabungan NATO dan komandan Angkatan Laut AS di Eropa dan Afrika Laksamanan Michelle Howard sudah mengatakan, aktivitas angkatan laut Rusia sudah melampaui level pada Perang Dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com