Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Perang Dunia II di Eropa Resmi Berakhir

Kompas.com - 08/05/2017, 18:12 WIB
Ervan Hardoko

Editor

KOMPAS.com - Setelah hampir enam tahun Eropa diluluhlantakkan perang, pada 8 Mei 1945 akhirnya Perang Dunia II di benua itu secara resmi berakhir meski Jepang baru menyerah pada September 1945.

Pada 2 Mei 1945, pertempuran Berlin berakhir ditandai dengan menyerahnya Komandan Pertahanan Berlin, Jenderal Helmuth Weiding kepada Jenderal Vassily Chuikov dari AD Uni Soviet.

Di hari yang sama, Jenderal Kurt von Tipperskirch, komandan Tentara ke-21 Jerman dan Jenderal Hasso von Manteuffel, komandan Pasukan Panser ke-3 menyerah kepada pasukan Sekutu.

Pada 4 Mei 1945, pasukan Jerman di wilayah barat laut Jerman, Denmark, dan Belanda menyerah tanpa syarat kepada Field Marshall Bernard Montgomery dari Inggris.

Di hari yang sama, pasukan Jerman di Bavaria menyerah kepada Jenderal Jacob L Devers dari Tentara ke-6 Amerika Serikat.

Pada 6 Mei 1945, Reichmarshall Herman Goering, tangan kanan Adolf Hitler, menyerah kepada Jenderal Carl Spaatz, komandan AU Amerika Serikat di Eropa, di perbatasan Jerman-Austria.

Pada 7 Mei 1945, Panglima Angkatan Bersenjata Jerman Jenderal Alfred Jodl menandatangani dokumen yang menyatakan Jerman menyerah tanpa syarat dan memerintahkan semua personel militer Jerman menghentikan baku tembak pada pukul 23.01 pada 8 Mei 1945.

Kemudian Field Marshall Wilhelm Keitel beserta sejumlah perwira tinggi Jerman terbang ke Berlin dan menandatangani dokumen yang sama dengan Uni Soviet.

Berita menyerahnya Jerman ini diterima masyarakat do Eropa Barat pada 8 Mei 1945 pagi yang disambut turunnya jutaan warga ke jalanan merayakan berakhirnya penderitaan mereka.

Sementara kabar ini tiba di Moskwa pada 9 Mei 1945, sehingga perayaan berakhirnya perang dunia hingga kini berbeda antara di Eropa Barat dan Rusia.

Selama lima tahun perang yang melibatkan lebih dari 30 negara mengakibatkan setidaknya 24 juta personel militer dan hampir 50 juta warga sipil tewas.

Jumlah korban tewas ini sekitar tiga persen dari populasi dunia saat itu yang berkisar 2,3 miliar jiwa.

Selain itu, jutaan orang menjadi tunawisma, perekonomian Eropa hancur, dan hampir semua infrastruktur industri Eropa luluh lantak.

Perang Dunia II ini kemudian berdampak para tatanan dunia global setelahnya yaitu terbentuknya blok barat dan timur, terpecahnya Jerman, dan berlangsungnya Perang Dingin.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com