Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekalipun Macron Menang, "Ancaman" Le Pen di Perancis Tetap Kuat

Kompas.com - 08/05/2017, 16:54 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Wakil Menteri Luar Negeri Jerman Michael Roth angkat bicara mengenai kemenangan Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden Perancis, yang digelar pada 7 Mei 2017, kemarin.

Menurut Roth, sekalipun Macron menang, namun "ancaman" politik populis yang diwakili dengan keberadaan calon presiden Marine Le Pen, tetaplah kuat.

Baca: Jerman: Kemenangan Macron Jadikan Perancis Berada di Jatung Eropa

Seperti diberitakan Associated Press, Senin (8/5/2017), Roth mengatakan, capaian 11 juta suara yang diperoleh kandidat sayap kanan itu membuktikan betapa kuatnya posisi Le Pen di Perancis. 

Roth --yang salah satu portofolionya adalah mengenai hubungan Perancis-Jerman, mengatakan, capaian suara Le Pen yang sedemikian besar tidak bisa dipandang sebagai hal yang wajar.

Menurut Roth yang berbicara dalam wawancara jaringan radio ARD, pencapaian kelompok garis keras sayap kanan yang populis di Perancis, sangat besar. 

Selanjutnya, Roth menyarankan agar Pemerintah Perancis mau melonggarkan peraturan Uni Eropa mengenai belanja negara, agar terjadi akselerasi pertumbuhan ekonomi di Perancis.

Sebab, lanjut Roth, jika Macron dinilai gagal menjalankan tugas sebagai Presiden, maka di masa mendatang Le Pen dan kubunya yang akan berkuasa di Perancis.

"Dan kita perlu mencegah hal ini terjadi," tegas Roth. 

Baca: Usaha Keras Le Pen demi Rebut Hati Pemilih Konservatif Perancis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com