Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 Muslim Uighur China Bergerilya Bersama ISIS di Suriah

Kompas.com - 08/05/2017, 16:49 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Hingga 5.000 Muslim etnis Uighur dari daerah rawan Xinjiang, yang kerap dilanda kekerasan di China, bergabung dengan berbagai kelompok militan di Suriah.

Ha itu disampaikan oleh Duta Besar Suriah untuk China, Imad Moustapha, Senin (8/5/2017), sambil menambahkan bahwa sudah saatnya Beijing harus sangat mempedulikannya.

China khawatir bahwa orang-orang Uighur, yang mayoritas Muslim dan berbicara bahasa Turki, telah berangkat ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Mereka melakukan perjalanan secara tidak sah melalui beberapa negara di Asia Tenggara dan Turki, sebagaimana dilaporkan kantor berita Reuters, Senin ini.

Baca: Bentrok Etnis Uighur dan Polisi di Xinjiang, 18 Tewas

ISIS mengaku mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan seorang sandera China pada tahun 2015, yang menyoroti kekhawatiran China tentang warga Uighur yang bertempur di Timur Tengah.

Ratusan orang telah tewas dalam kekerasan di Xinjiang dalam beberapa tahun ini. Sebagian  besar karena pertikaian antara etnis minoritas Uighur dan etnis mayoritas Han, China.

Pemerintah di Beijing menyalahkan kerusuhan terhadap militan Islam yang menginginkan sebuah negara terpisah yang disebut Turkistan Timur.

Duta Besar Suriah di Beijing, Imad Moustapha, mengatakan di sela-sela sebuah forum bisnis bahwa saat beberapa warga Uighur bergabung dengan ISIS, sebagian besar lagi berjuang "di bawah panji mereka sendiri" untuk mempromosikan alasan tindakan separatis mereka.

Baca: Mengenal Muslim Uighur di China, Siapa Mereka?

"Menurut perkiraan kami, dilihat dari jumlah yang kami lawan, kami bunuh, yang kami tangkap, kami lukai, sekitar 5.000 jihadis Xinjiang," katanya.

China dan bangsa-bangsa lain, kata Moustapha, harus memiliki kepedulian untuk mencegah arus keluar dari negara masing-masing untuk pergi ke Suriah.

Beijing tidak pernah memberikan angka pasti berapa banyak warga Uighur yang diyakini bertempur bersama ISIS di Timur Tengah.

Baca: Otoritas China di Xinjiang Melarang Berpuasa Selama Ramadhan

Namun, Beijing telah berulang kali memperingatkan bahwa kelompok garis keras Islam itu telah menimbulkan ancaman serius bagi China.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com