Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mantan Guru Macron yang Kini Jadi Ibu Negara Perancis

Kompas.com - 08/05/2017, 15:58 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Ketika mereka pertama kali bertemu, Emmanuel Macron berusia 15 tahun sementara  Brigitte Trogneux adalah seorang guru yang sudah menikah berusia 40 tahun, yang mengajar Macron untuk mata pelajaran drama.

Ditetapkan memasuki istana presiden sebagai Ibu Negara, Brigitte Macron akan terus mengajar suaminya, namun pada tahap yang lebih besar sekarang.

Istri Presiden Perancis terpilih, Trogneux kini berusia 64 tahun dan suaminya, Emmanuel Macron baru 39 tahun atau terpaut usia 25 tahun.

Baca: Macron Menangi Pilpres, Jadi Presiden Termuda Perancis

Dia selalu berada di sisi Macron selama kampanye, mengatur agendanya, mengedit pidatonya. dan menasihatinya dalam penampilannya di atas panggung.

Untuk pidato kemenangannya setelah memenangkan pemilihan putaran pertama dua pekan lalu, Macron membawa istrinya ke podium dan mengucapkan terima kasih, yang mendapat tepuk tangan meriah.

Selalu hadir

"Brigitte, selalu hadir, dan bahkan lebih lagi sekarang, tanpa dia saya tidak akan menjadi diri saya saat ini," kata Macron secara emosional di depan ratusan pendukungnya yang meneriakkan namanya.

Baca: Jerman: Kemenangan Macron Jadikan "Perancis Berada di Jatung Eropa"

Keduanya sama sekali tidak populer ketika Macron ditunjuk sebagai menteri ekonomi pemerintahan Presiden Francois Hollande pada Agustus 2014.

Sementara Trogneux mengundurkan diri dari pekerjaan mengajarnya setahun kemudian untuk membantu suami mudanya yang ambisius itu.

Di kementerian ekonomi, Trogneux hadir secara diam-diam saat pertemuan dengan para pejabat di Paris bagian timur.

"Dia menghabiskan banyak waktu di sini karena pandangannya penting bagi saya, karena dia membawa atmosfer yang berbeda, itu penting," kata Macron dalam pertemuan terakhirnya bersama staf setelah dia mengundurkan diri dari pemerintahan Hollande pada Agustus 2016.

Baca: Lima Hal tentang Emmanuel Macron, Presiden Baru Perancis

"Hidup saya ada di sini, Anda tidak dapat bekerja dengan baik jika Anda tidak bahagia," sambung dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com