Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI dan Europol Tangkap 870 Terduga Pedofil

Kompas.com - 08/05/2017, 10:37 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Polisi menangkap 870 orang yang diduga pedofil dan menyelamatkan ratusan anak setelah menjebol sebuah jaringan internet internasional kelompok tersebut.

Europol menyebut penangkapan dan penghancuran jaringan pedofil itu merupakan “salah satu penyelidikan paling penting atas pelecehan seksual anak secara online yang pernah dilakukan”, demikian harian The Independen, Minggu (7/5/2017).

Jaringan eksploitasi seksual anak secara global itu telah dijebol oleh FBI dan Europol sehingga berhasil melakukan penangkapan terhadap ratusan terduga pedofil.

Pria Florida, Steven W Chase (58), dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena menciptakan apa yang diyakini sebagai "situs pornografi anak terbesar di dunia" dengan lebih dari 150.000 pengguna.

Baca: Europol Gagalkan Penyelundupan Manusia

Sebanyak 870 orang ditangkap atau dihukum di seluruh dunia, termasuk 368 orang di Eropa saja. Sejauh ini setidaknya 259 anak yang dilecehkan secara seksual telah diidentifikasi atau diselamatkan dari pelaku di luar AS.

Chase membuat situs web, yang disebut 'Playpen', pada Agustus 2014 di jaringan Dark Web Network Tor, yang membuat orang-orang dapat berkomunikasi dan mengakses materi secara anonim melalui situs web "layanan tersembunyi".

Agen Khusus, Dan Alfin, yang telah terlibat menjadi bagian dari penyelidikan dengan Criminal Crimes Against Children, menunjukkan tentang kesulitan awal dalam menyelidiki kasus tersebut.

"Mengingat sifat tentang bagaimana layanan tersembunyi Tor tersebut bekerja, tidak banyak yang bisa kami lakukan," katanya.

Namun, pada Desember 2014, Chase sengaja mengungkapkan alamat IP Playpen di Florida, mendorong badan penegak hukum asing untuk menghubungi FBI.

Baca: Europol: Sindikat Asia Atur 680 Laga di Seluruh Dunia

Satu bulan kemudian FBI, bersamaan dengan dukungan dari penegak hukum Eropa dan lokal, meluncurkan Operation Pacifier untuk menemukan ribuan anggota Playpen.

Sehingga terjadi penangkapan ratusan terduga pedofil itu, yang semuanya dilakukan atas kerja sama FBI dan Europol.

Direktur Eksekutif Europol, Rob Wainwright menyebutnya apa yang mereka temukan merupakan "salah satu penyelidikan paling penting tentang pelecehan seksual anak secara online yang pernah dilakukan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com