Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steven Seagal Dilarang Kunjungi Ukraina Selama Lima Tahun

Kompas.com - 06/05/2017, 14:27 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Bintang film laga Steven Seagal kini bergabung bersama aktor Perancis Gerard Depardieu dalam daftar hitam orang yang dilarang masuk ke Ukraina.

Seagal, yang neneknya berasal dari Vladivostok, Rusia, disebut sebagai ancaman nasional Ukraina setelah mendapatkan status warga negara Rusia tahun lalu.

Seagal juga secara terbuka mendukung aneksasi Rusia terhadap Semenanjung Crimea.

Aparat keamanan Ukraina mengatakan, telah melarang Seagal masuk ke negeri bekas Uni Soviet itu selama lima tahun.

Situs berita Aposthrope yang memublikasikan surat dari pemerintah menyebut Seagal melakukan kegiatan sosial yang berbahaya dan bertentangan dengan upaya mempertahankan keamanan Ukraina.

Baca: Aktor Steven Seagal Mendapatkan Status Warga Negara Rusia

Sebenarnya, Seagal sudah masuk daftar hitam pemerintah Ukraina sejak dia menyebut aneksasi Rusia ke Semenanjung Crimea pada 2014 adalah tindakan masuk akal.

Bahkan, Seagal dan kelompok band bluesnya menggelar konser di Crimea untuk mendukung aneksasi Rusia tersebut.

Sejak 1990-an, Seagal kerap berkunjung ke Rusia, saat dia membuka cabang restoran Planet Hollywood di Moskwa.

Seagal diketahui berkawan cukup dekat dengan Presiden Vladimir Putin yang disebutnya sebagai salah satu pemimpin besar yang pernah hidup.

Seagal dan Putin semakin akrab karena keduanya sama-sama menyukai olah raga bela diri. Putin memiliki ban hitam judo sementara Seagal adalah master aikido.

Dalam wawancara dengan harian Rossiskaya Gazeta pada 2014, Seagal bahkan mengatakan, dia menganggap Putin sebagai saudaranya sendiri.

Konflik bersenjata semakin panas antara kedua negara sejak Rusia mencaplok wilayah Ukraina itu.

Baca: Akibat Dukung Rusia, Steven Seagal Ditolak di Estonia

Pemerintah Ukraina berpendapat Crimea diduduki secara ilegal oleh Rusia sehingga mereka berhak melarang seseorang berkunjung ke kawasan itu tanpa izin pemerintah Kiev.

Konflik bersenjata kini melebar menjadi perang budaya, Ukraina melarang penyanyi Rusia Yulia Samoylova masuk ke Ukraina selama tiga tahun.

Larangan itu sekaligus mengakibatkan Yulia tak bisa ikut ambil bagian dalam babak final kontes menyanyi Eurovision 2017 yang digelar di Kiev bulan ini.

Depardieu adalah sosok lain yang dilarang memasuki Ukraina. Pria yang menjadi warga Rusia pada 2013 itu dilarang masuk sejak 2015 setelah dianggap mendukung pelanggaran wilayah dan kedaulatan Ukraina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com