Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Dakar Tawarkan Beasiswa untuk Pelajar Senegal

Kompas.com - 02/05/2017, 20:00 WIB

DAKAR, KOMPAS.com - Dalam kunjungan kerjanya ke kota Thies, Duta Besar RI untuk Senegal Mansyur Pangeran tak hanya menjajaki kerja sama antara Indonesia dan Region Thies.

Dubes Mansyur juga menawarkan beasiswa dari pemerintah Indonesia yaitu Darmasiswa dan KNB yang bisa digunakan para pemuda di Region Thies.

Dengan beasiswa Darmasiswa para pemuda Senegal bisa mengikuti program budaya dan bahasa.  Sedangkan beasiswa KNB adalah untuk program pasca-sarjana selama dua tahun.

Selama ini belum begitu banyak pelajar dari Senegal yang mengikuti kedua program tersebut karena kendala bahasa.

Sebab bahasa yang digunakan selama pendidikan adalah bahasa Inggris sementara di warga Senegal menggunakan bahasa Perancis.

Wali kota Thies Talla Syla menyambut baik usulan kerja sama yang ditawarkan Indonesia lewat KBRI Dakar.

Wali kota Syla juga menyampaikan, Indonesia telah menginspirasi upaya Senegal meraih kemerdekaan setelah penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

Wali kota Syla menambahkan, penduduk Thies juga sangat mengenal baik Indonesia, karena maraknya transportasi sepeda motor "Jakarta" yang telah lama eksis di wilayah tersebut.

Bahkan, Ketua Asosiasi Motor “Jakarta” seluruh Senegal berasal dari Provinsi Thies.

Dalam kaitan ini, wali kota Syla tertarik dengan usulan kerja sama untuk penertiban transportasi motor “Jakarta” dengan menggunakan aplikasi berbasis online seperti GoJek dan GrabBike di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KBRI Dakar
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com