Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Trump Kembali Umbar Ancaman untuk Korut

Kompas.com - 30/04/2017, 17:00 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengumbar ancaman kepada Korea Utara, terkait program senjata nuklir yang dibangun negara itu. 

“Saya jelas tidak senang jika Korut kembali menggelar ujicoba nuklir,” tutur Trump dalam salah satu bagian wawancara dengan televisi CBS yang dirilis Sabtu (29/4/2017).

“Saya dapat memastikan bahwa Presiden China Xi juga tidak akan senang jika Korut menggelarnya,” lanjut Trump, seperti dikutip laman Politico.

Selama ini, China dikenal sebagai sekutu dekat Korut.

Meski demikian, China telah mengeluarkan pernyataan, untuk memberi sanksi ekonomi kepada Korut jika mereka tak menghentikan program nuklir itu.

Baca: Akhirnya, China Bantu AS dan Ancam Beri Sanksi untuk Korut

Dalam wawancara ini,Presiden Trump menegaskan, pemimpin Korut Kim Jong-Un perlu memutuskan, apa yang harus dilakukan mengenai ujicoba nuklir tersebut.

Satu hal yang pasti, Un tahu bahwa baik AS maupun China tidak akan menyambut baik, jika Korut kembali melanjutkan ujicoba nuklir itu.

Presiden berusia 71 tahun itu memberitahu, ujicoba terakhir yang digelar Korut bukanlah ujicoba nuklir, seperti yang diduga banyak pengamat.

“Itu hanya misil kecil, bukan misil besar, dan bukan ujicoba nuklir,” ucap dia.

Trump mengaku, tidak tidak tertutup kemungkinan bagi AS untuk memakai kekuatan militer terhadap Pyongyang, jika rezim Kim Jong-Un semakin menjadi.

“Saya tidak tahu, kita lihat saja bagaimana, kalian akan segera tahu,” kata Trump.

Gejolak di Semenanjung Korea semakin meningkat sejak Trump menjabat sebagai Presiden.

Pengusaha real estat ini telah meningkatkan ancamannya terhadap Korut. Dia juga telah meminta bantuan China untuk turun tangan mengatasi persoalan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com