Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Terjun ke Jurang, 19 Orang Tewas dan 21 Orang Cedera Berat

Kompas.com - 29/04/2017, 14:26 WIB

YANGON, KOMPAS.com - Sembilan belas orang tewas dan 21 lainnya cedera berat setelah bus yang mereka tupangi melesat keluar badan jalan dan terjun ke di Myanmar timur.

Polisi setempat, Sabtu (29/4/2017), melaporkan, bus tersebut membawa sekitar 40 penumpang.

Bus melaju dari Provinsi Bago tengah saat tergelincir dari jalan jalan raya dekat Myawaddy, sebuah kota di perbatasan Thailand, Jumat (28/4/2017).

"Sembilan belas orang tewas dan 21 orang terluka serius, sementara beberapa orang aman," kata Kyi Lin, kepala polisi di negara bagian Karen, kepada Agence France-Persse, Sabtu ini.

Baca: Sebuah Bus Wisata Jatuh ke Jurang di Tibet, 44 Tewas

"(Bus) jatuh ke ngarai yang sempit dan dalam," katanya dengan menambahkan bahwa polisi yakin pengemudi kehilangan kendali karena rem bus itu tidak berfungsi.

Polisi dan regu penyelamat setempat telah mengevakuasi korban luka ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan segera dan memakamkan para korban tewas.

Sebuah rumah sakit di Mae Sot, perebatasan dengan Thailand, menampung tujuh pasien korban kecelakaan itu. Mereka dalam "kondisi kritis," kata seorang petugas medis.

Baca: Bus Masuk Jurang di Thailand, 27 Tewas dan 20-an Terluka

Kecelakaan lalu lintas adalah hal yang biasa terjadi di Myanmar.

Jaringan transportasi di negara itu sangat buruk akibat berpuluh-puluh tahun kekurangan investasi pada masa pemerintahan junta militer yang berlangsung hingga awal 2011.

Dengan 20,3 kasus kematian akibat kecelakaan lalu lintas per 100.000 orang, Myanmar termasuk yang terburuk kedua di Asia Tenggara, menurut data yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah laporan tahun 2015.

Baca: 29 Orang Tewas dalam Kecelakan Bus di Thailand

Meskipun kini memiliki infrastruktur yang relatif baik, negara tetangganya, Thailand,  justru berada di tingkat terburuk pertama di Asia Tenggara.

WHO memperkirakan sekitar 24.000 orang meninggal setiap tahun karena kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com