Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Honor Rp 5 Miliar untuk Sekali Pidato, Obama Dihujani Kritik

Kompas.com - 28/04/2017, 17:56 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan presiden AS Barack Obama setelah menerima undangan untuk berpidato di sebuah konferensi Wall Street dengan honor 400.000 dolar AS atau sekitar Rp 5,3 miliar.

Honor yang diterima Obama untuk berpidato di konferensi layanan kesehatan Cantor Fitzgerald yang digelar September mendatang setara dengan satu tahun gajinya sebagai presiden.

Honor yang diterima Obama ini nilainya dua kali lipat lebih besar dari yang dipatok Hillary Clinton jika diundang menjadi pembicara.

Salah satu yang menyayangkan keputusan Obama menerima undangan itu adalah Bernie Sanders.

Baca: Obama Dibayar Rp 5 Miliar untuk Berpidato di Wall Street

Dia mengatakan, keputusan Obama menerima honor besar itu memperlihatkan hal yang bisa dilakukan pengusaha besar terhadap sistem politik.

"Saya kira undangan itu menunjukkan kekuatan Wall Street dan pengaruh uang yang sangat besar dalam proses politik," ujar senator asal Vermont itu.

"Saya kira keputusan itu sangat disayangkan. Presiden Obama kini memang menjadi warga biasa yang bebas melakukan apapun, tetapi tetap saya ini sangat disayangkan," tambah Sanders.

"Saat ini penasihat keuangan Presiden Trump adalah mantan presiden Goldman Sachs dan sekarang ini. Sungguh disayangkan," lanjut dia.

Senator Elizabeth Warren juga mengutarakan pendapatnya yang merasa "terganggu" dengan besarnya honor Obama.

"Saya menggambarkan situasi ini semacam ular yang merayap di seluruh sudutu Washington. Ular itu muncul dalam berbagai bentuk di Washington," kata Warren.

Baca: Pertama Kali Sejak Jadi "Warga Biasa", Obama Tampil di Chicago

Sementara itu, Meghan McCain, presenter Fox News, melontarkan kritik lebih keras dengan menyebut Obama sebagai "kapitalis kotor".

"Sangat Ironis, Obama yang diasosiasikan dengan segala sesuatu yang baik dan semua utopia kiri, ternyata seorang kapitalis kotor sama seperti kita," kata Meghan yang juga adalah putri Senator John McCain.

Penasihat senior Obama, Eric Schultz, mepertahankan keputusan yang diambil sang mantan presiden.

"Seperti sudah kami sampaikan selam ini, Presiden Obama akan banyak memberikan pidato," ujar Schultz.

"Dari beberapa pidato itu Presiden Obama akan mendapatkan uang, sebagian lainnya dia lakukan secara cuma-cuma," lanjut Schultz.

"Terlepas dari lokasi dan penyelenggara acara, Presiden Obama tetap akan memegang nilai-nilai yang dipegangnya selama ini," Shcultz menegaskan.

Baca: Kuntit dan Ajak Malia Obama Menikah, Pria Ini Ditangkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com