Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2017, 22:51 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Polisi mengamankan seorang pria bersenjatakan pisau beberapa meter jauhnya dari Gedung Parlemen Inggris di Westminster, London, Kamis (27/4/2017).

Pria berusia sekitar 27 tahun itu diduga hendak bersiap melakukan “tindakan teror”, sebagaimana dilaporkan kantor berita Agence France-Presse (AFP).

Aparat kepolisian membekuknya di tengah jalan dekat dengan Departemen Keuangan dan pintu masuk ke stasiun Westminster di jalur kereta bawah tanah di London.

Kawasan Westminster berada dalam kondisi siaga tinggi sejak serangan mematikan pada 22 Maret lalu yang dilakukan oleh Khalid Masood, seorang pria berusia 52 tahun.

Masood menyerudukkan mobilnya ke jalur pedestrian sehingga menewaskan empat orang dan menikam mati seorang polisi di pintu masuk gedung parlemen sebelum akhirnya dia ditembak mati.

Markas polisi Scotland Yar London mengatakan, tak seorang pun yang terluka terkait dengan penangkapan pria berusia 27 tahun itu.

PA Pisau dari terduga yang hendak melakukan serangan teror tergeletak di tanah bersama sebuah tas.
Dikatakan, pria itu ditangkap pada pukul 14.22 waktu setempat menyusul prosedur “pencegatan dan pelacakan” sebagai bagian dari operasi yang masih sedang berjalan sejak 22 Maret lalu.

Pria itu “ditangkap karena dicurigai memiliki senjata ofensif dan karena dicurigai melakukan pelaksanaan, persiapan, dan tindakan terorisme," kata Scotland Yard.

"Pisau sudah disita dari pria itu. Dia ditahan sesuai Undang-Undang Terorisme dan ditahan di sebuah kantor polisi di London selatan,” demikian dikatakan Scotland Yard.

Seorang pewartawa foto AFP melihat petugas bersenjata lengkap mengepung pria itu, yang mengenakan pakaian hitam dan menekuknya ke tanah.

Pria tersebut berjenggot dan rambutnya dipotong pendek. Polisi telah mengamankan lokasi kejadian dan menginterogasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com