Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergi ke Toilet Jelang "Take Off", Pria Ini Diusir Delta Airlines

Kompas.com - 27/04/2017, 18:37 WIB

ATLANTA, KOMPAS.com - Manajemen maskpai Delta Airlines dikritik setelah mengusir seorang penumpang yang pergi ke toilet saat pesawat sudah berada di landasan pacu.

Pesawat yang terbang dari Atlanta menuju Milwaukee itu sudah berada di landasan pacu selama 30 menit ketika Kima Hamilton (39), seorang DJ dan penyair, meminta izin untuk pergi ke toilet.

"Kami belum lepas landas. Pesawat sama sekali tidak bergerak," ujar Kima kepada harian Milwaukee Journal-Sentinel soal insiden pada 18 April itu.

Kru kabin tidak memberikan izin dan Kima kembali ke tempat duduknya. Namun, karena penundaan terbang berlanjut, Kima kembali bangkit dan langsung pergi ke toilet.

"Pilot kemudian muncul dan mengatakan pesawat harus kembali ke terminal untuk mengusir seorang penumpang. Kejadiannya begitu cepat," kenang Kima.

Saat dua staf Delta Airlines naik ke kabin dan memintanya turun, Kima menolak dengan sopan.

Seluruh penumpang kemudian dipaksa turun dari kabin dan naik kembali. Sementara Kima harus menjalani pemeriksaan polisi dan staf Delta di bandara.

Baca: Akibat Berkeringat dan Mengirim SMS, Pasangan Ini Diturunkan dari Kabin Delta Airlines

Setelah menjelaskan duduk perkaranya, Kima tak ditahan dan Delta mengembalikan sebagian dari uang tiketnya.

"Kru kami secara ekstensif dilatih untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh penumpang," ujar Delta kepada harian Milwaukee Journal-Sentinel.

"Sangat penting bagi penumpang untuk mengikuti instruksi kru selama proses penerbangan, terutama di masa lepas landas dan mendarat," tambah manajemen Delta.

Krista Rosolino, penumpang yang duduk di seberang Kima Hamilton menggambarkan perlakuan staf Delta Airlines sebagai hal yang berlebihan.

"Staf Anda tak hanya menyakiti dan mempermalukan seorang penumpang yang dipaksa membayar beberapa ratus dolar lagi di hari yang sama, tetapi Anda juga memaksa semua penumpang selama dua jam menyaksikan seorang pria yang diperlakukan tak adil hanya karena harus ke toilet," ujar Krista dalam sebuah surat terbuka kepada Delta.

Penumpang lain juga menaruh simpati terhadap peristiwa yang menimpa Kima. Bahkan saat Kima meminta maaf kepada penumpang di sebelahnya, dia menjawab: "Anda tak membuat kesalahan."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com