Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Meluncurkan Kapal Induk Pertama Buatan Dalam Negeri

Kompas.com - 26/04/2017, 15:47 WIB

BEIJING, KOMPAS.com  - China, Rabu (26/4/2017), meluncurkan kapal induk pertama buatan dalam negerinya. Kapal itu akan bergabung dengan kapal induk bekas buatan Rusia yang dibeli dari Ukraina.

Dengan demikian, China akan memiliki dua kapal induk di tengah ketegangan yang kian meningkat di Semenanjung Korea sekaligus adanya kekhawatiran atas kehadiran Beijing di Laut China Selatan.

Media resmi China mengutip pernyataan pakar militer yang menyebutkan bahwa kapal induk tersebut diperkirakan tidak akan bertugas penuh hingga 2020 karena membutuhkan waktu untuk sepenuhnya dilengkapi dan dipersenjatai.

Kapal itu dirancang di China dan dibangun di pelabuhan Dalian di wilayah China timur laut, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Peluncuran kapal terbaru induk itu menarik perhatian karena pengamat militer asing dan lokal selama berbulan-bulan menerbitkan citra satelit, foto, dan berita tentang perkembangan kapal induk pertama buatan dalam negeri.

Baca: China Segera Selesaikan Pembangunan Kapal Induk dan Armada Kapal Perusak

China mengonfirmasi keberadaan kapal induk kedua tersebut pada akhir 2015.

Lambung kapal induk tersebut sudah dibangun sepenuhnya, demikian laporan kantor berita resmi China, Xinhua.

Demikian halnya juga dengan mekanisme pendorong, tenaga, dan sistem utama lainnya telah dipasang.

Peluncuran kapal induk tersebut “menunjukkan desain dan konstruksi kapal induk asli dalam negeri telah mencapai hasil memuaskan tahap demi tahap,” seperti yang diberitakan Xinhua.

Televisi negara itu menampilkan gambar sosok kapal induk tersebut,  yang bagian dek peluncurannya dipasangi bendera merah, didorong oleh kapal tunda ke tempat belabuh.

Fan Changlong, Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China yang berkuasa, memimpin upacara pelepasan kapal induk tersebut. Tampak sebotol sampanye dipecahkan di bagian haluan.

Peluncuran itu terjadi menyusul perayaan China hari jadi ke-68 berdirinya Angkatan Laut China dan terjadi di tengah ketegangan baru antara Korut dan AS atas program nuklir dan rudal Pyongyang.

Baca: China Membangun Kapal Induk Kedua

Sedikit yang diketahui tentang program kapal induk China yang menjadi rahasia negara “Tirai Bambu” tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com