Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2017, 21:21 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Advokasi Ivanka Trump bagi perempuan dan anak-anak membawanya hadir dalam KTT W20 di Berlin, Jerman,  Selasa (25/4/2017).

KTT internasional itu ditujukan untuk mendorong investasi dalam pemberdayaan ekonomi perempuan.

Undangan terhadap Ivanka Trump untuk hadir dalam KTT W20 di Berlin dilayangkan langsung oleh kanselir Jerman Angela Merkel.

Walau disebut hanya akan hadir selama beberapa jam, KTT pemberdayaan perempuan itu kini mendapat bobot baru dengan kedatangan Ivanka. 

Di Amerika Serikat sendiri, rancangan program dari putri pertama Presiden AS, Donald Trump, itu dalam mendorong kebijakan yang menguntungkan ibu yang mencari nafkah, kurang mendapat sorotan.  

Baca juga: Apa Peran Ivanka Trump Saat Ayahnya Resmi Jadi Presiden?

Ivanka Trump, penasihat Gedung Putih yang tak digaji itu dianggap belum menawarkan kebjiakan spesifik tentang bagaimana rencananya dalam memajukan program penitipan anak dan cuti melahirkan yang dia kemukakan, ketika ayahnya berkampanye dalam pemilu presiden AS.

Di balik layar

Namun, seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan, Ivanka dan beberapa orang lain terus bekerja tanpa banyak publikasi di balik layar untuk merevisi proposal kampanye atas isu tersebut dan tengah membangun momentum untuk mendorong kebijakan itu.

Pejabat yang namanya tak ingin disebutkan itu menekankan, bahwa penitipan anak adalah bagian dari pembahasan mengenai kebijakan perpajakan oleh Gedung Putih.

Presiden Trump telah menekankan dukungan,  terhadap upaya putrinya tersebut.

Baca juga: Ivanka Trump: Berilah Ayah Saya Kesempatan...

Dalam pidatonya di hadapan Kongres AS, Trump mengatakan ingin bekerjasama dengan para pembuat undang-undang "agar masalah perawatan anak mudah diakses dan terjangkau biayanya, serta membantu para  orang tua muda yang tengah mengambil cuti bersalin, tetap mendapat gaji."

Patricia Cole, Direktur Senior Kebijakan Federal untuk Zero to Three, sebuah organisasi non-partisan yang memfokuskan program pada isu anak usia dini mengatakan, "Kami akan menyambut baik pembahasan itu."

Investasi

Ivanka Trump akan menghadiri sebuah diskusi panel yang merupakan bagian dari KTT Pemberdayaan Perempuan  W20.

KTT internasional itu merupakan bagian dari pertemuan puncak negara-negara G20, dengan menyorot berbagai program bagi perempuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com