Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kapal Perusak Jepang Berlatih Bersama USS Carl Vinson

Kompas.com - 23/04/2017, 13:17 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Dua kapal perusak AL Jepang, Minggu (23/4/2015), memulai latihan bersama dengan gugus tugas USS Carl Vinson di Pasifik Barat.

Angkatan Laut Jepang mengatakan, USS Carl Vinson dan armadanya saat ini sedang berlayar menuju ke perairan Semenanjung Korea.

Dua kapal perang Jepang itu, Samidare dan Ashigara, meninggalkan pesisir barat Jepang pada Jumat (21/4/2017), untuk bergabung dengan USS Carl Vinson.

Langkah Jepang ini adalah upaya menunjukkan solidaritas kepada Amerika Serikat yang menghadapi Korea Utara terkait program nuklir dan misil balistiknya.

Baca: Demi Cegah Uji Coba Nuklir, AS Siap Serang Korea Utara

Kedua kapal perusak itu akan berlatih berbagai variasi taktik dengan gugus tempur USS Carl Vinson. Demikian Tentara Bela Diri Laut Jepang (MSDF).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan USS Carl Vinson dan beberapa kapal perang lainnya untuk menuju ke Semenanjung Korea.

Sementara militer Jepang memerintahkan kapal-kapal perangnya mendampingi USS Carl Vinson setidaknya hingga memasuki Laut China Timur.

Sejauh ini, MSDF tak menyebut seberapa lama kedua kapal perusak itu akan mendampingi kapal induk Amerika Serikat itu.

Pada Selasa (25/4/2017), Korea Utara akan memperingati HUT angkatan bersenjata yang ke-85. Di masa lalu, peringatan ini dibarengi dengan uji coba senjata baru.

Baca: Korea Utara Siap Tempur Menghadapi Armada AS

Korea Utara selama ini sudah melakukan lima kali uji coba nuklir,dua kali di tahun lalu, dan menggelar serangkaian uji coba misil balistik.

Sementara itu, Presiden Trump telah berjanji akan mencegah Korea Utara menembakkan misilnya ke Amerika Serikat.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Presiden Trump menegaskan, dia akan menggunakan semua pilihan termasuk serangan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com