Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Militer di Balkh Diserang, Tentara Shalat Ditembaki

Kompas.com - 22/04/2017, 16:39 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata yang mengenakan seragam tentara menyerbu sebuah komplek militer di Provinsi Balkh, Afganistan. 

Akibat serangan itu, ada tak kurang dari 100 personel militer yang menjadi korban, baik tewas maupun terluka.

Daulat Waziri, Juru bicara Kementerian Pertahanan Afganistan, Sabtu (22/4/2017) mengatakan, serangan terjadi pada Jumat kemarin di kompleks Korps Angkatan Darat ke-209 di Afganistan.

Akibatnya, ada pululah personel tentara yang tewas dan puluhan lainnya terluka. 

Seperti diberitakan Associated Press, orang-orang bersenjata masuk ke dalam kompleks tersebut dengan mengendarai kendaraan militer.

Tak lama berselang, mereka lalu mulai menembaki para tentara yang sedang menunaikan ibadah shalat di sebuah masjid di dalam kompleks itu.

Waziri mengatakan, ada 10 orang pelaku serangan. Dua orang melakukan serangan bunuh diri, dan delapan lainnya terbunuh dalam baku tembak.

Sementara itu, Jurubicara Taliban Zabihullah Mujahid mengaku kelompoknya yang telah melakukan serangan itu. Klaim tersebut disampaikan kepada media melalui surat elektronik.

Kompleks militer yang menjadi sasaran serangan itu berada di Distrik Dihdadi, Provinsi Balkh. 

Tempat itu merupakan satu dari tujuh kesatuan di jajaran kementerian pertahanan yang bertanggungjawab atas keamanan di wilayah utara Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com