Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Belanda Tawarkan Jasa Aborsi Gratis, Tiba di Dekat Meksiko

Kompas.com - 22/04/2017, 10:25 WIB

IXTAPA, KOMPAS.com - Sebuah kapal Belanda yang menawarkan jasa aborsi, -yang sering bertentangan dengan undang-undang di beberapa negara, tiba di perairan internasional di lepas pantai Meksiko, Jumat (21/4/2017).

Kapal "Women on Waves" tersebut diusir dari dekat Guatemala pada bulan Februari lalu, sebelum mampu melakukan satu pun penghentian kehamilan.

Kapal itu kini telah mengambil posisi di lepas pantai negara bagian Guerrero, di pantai Pasifik Meksiko. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (22/4/2017).

Pihak "Women on Waves" mengeluarkan pernyataan resmi melalui jejaring internet bahwa jasa ini menawarkan aborsi gratis dan legal hingga usia kehamilan sembilan minggu, bagi setiap wanita yang memerlukannya.

Baca: Tanggapi Trump, Belanda Akan Galang Dana Terkait Aborsi

Mereka mengungkapkan bahwa kapal tersebut telah memenuhi semua perijinan yang diperlukan, dan akan menerima pasien hingga Minggu mendatang. 

Pihak "Women on Waves" juga mengetahui bahwa Pemerintah Meksiko melegalkan aborsi bagi kehamilan yang terjadi akibat kekerasan seksual.

Aborsi dibatasi untuk kasus lain dalam derajat yang berbeda-beda di 31 negara bagian di negeri itu. 

Kelompok asal Belanda ini sebelumnya telah melakukan pekerjaan serupa di perairan Irlandia, Portugal, Polandia, dan Spanyol. 

Dalam sebuah konferensi pers di kota pesisir Meksiko Ixtapa, Presiden "Women on Waves" Rebecca Gomperts mengatakan, akses terhadap aborsi yang aman menjadi masalah keadilan sosial di Amerika latin.

Terutama, ketika wabah virus zika menyebar dan menambah resiko pada kehamilan. 

Baca:  Takut Zika, Separuh Wanita di Brasil Tunda Kehamilan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com