Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teroris ISIS Klaim Serangan Mematikan di Markas Intelijen Rusia

Kompas.com - 22/04/2017, 08:39 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan mematikan di sebuah kantor badan intelijen domestik Rusia (FSB), Jumat (21/4/2017).

Serangan itu terjadi di kantor FSB yang berada di wilayah timur jauh negeri itu. Demikian keterangan SITE, sebuah lembaga pemantau yang berkedudukan di Amerika Serikat, yang dirilis AFP, Sabtu pagi (22/4/2017).

Kantor berita Amaq yang menjadi alat propaganda kelompok teroris ini, mengeluarkan klaim dalam sebuah laporang beraksara Arab yang disebar lewat jejaring media sosial, Telegram.

mAmaq News Agency, an IS propaganda arm, made the claim in a brief report in Arabic distributed on the social media application Telegram that cited a "security source."

Berdasarkan versi terjemahan yang dilansir SITE, ISIS mengaku menyerang kantor FSB di Kota Khabarovsk, hingga menewaskan tiga orang dan melukai sejumlah lainnya. 

Baca: Polisi Rusia Tangkap Pelatih Pengebom Bunuh Diri St Petersburg

Sementara, otoritas Rusia sebelumnya menyebutkan ada dua orang yang tewas dalam insiden itu.

Satu korban karyawan FSB dan satu lainnya warga sipil. Sementara, satu korban lain dilaporkan terluka.

Menurut pihak FSB, pelaku penyerangan ditembak mati. Diungkapkan pula, ada informasi yang menyebut pelaku adalah anggota kelompok neo-Nazi.

Laporan yang dilansir Amaq muncul satu hari setelah ISIS mengeluarkan klaim atas serangan di Paris, Perancis, hingga menyebabkan seorang polisi tewas dan dua petugas lainnya terluka.

Baca: Teror Penembakan di Paris, 1 Polisi Tewas 2 Terluka

Serangan mematikan terhadap aparat penegak hukum di Rusia merupakan hal yang sangat jarang terjadi di wilayah yang tak stabul di utara area kaukasus.

Namun, wilayah Rusia tengah menggencarkan pengamanan sejak serangan bom bunuh diri di dalam kereta bawah tanah di Kota St Petersburg pada 3 April lalu. Serangan itu merenggut 15 nyawa. 

Baca: 8 Orang Ditangkap, Siapa Pelaku Ledakan Bom di St Petersburg?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com